Senin, 23 Mei 2016 16:53 WIB

Ini Penyebab Motor Valentino Rossi Mogok di Mugello

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mugello - Velentino Rossi terpaksa harus keluar dari balapan MotoGP Mugello, Minggu (22/5/2016) malam. Motor Yamaha YZR-M1 yang ditungganginya mengeluarkan asap putih yang memaksa Rossi menyudahkan balapan.

Seperti detikOto kutip dari laman Crash, Senin (23/5/2016), Rossi mengakui bahwa Yamaha M1 yang ditungganginya mengalami masalah di beberapa lap sebelumnya. Masalah mulai dirasa Rossi pada lap keenam.

"Sayangnya di lap enam, motor mulai bermasalah dan kopling tidak terbuka. Mungkin karena mesin sudah mulai mengalami seize sedikit. Hal ini alasan saya melebar. Tapi dalam 7-8 tikungan, saya sudah kembali di belakang Lorenzo, karena saya sedikit lebih cepat, tapi kemudian mesin bermasalah," kata Rossi.

Engine seize adalah kondisi ketika mesin kehilangan pelumasan. Biasanya, menurut laman Gasenginemagazine, masalah ini terjadi akibat karat, panas berlebih atau beberapa masalah mekanis seperti adanya benda asing di dalam silinder atau kegagalan crankshaft bearing.

Rossi menyebut, masalah ini juga dialami oleh Jorge Lorenzo. Lorenzo merasakan masalah yang sama pada sesi pemanasan pada pagi hari sebelum sesi balap.

"Saya pikir ada hal yang sama yang salah di kedua mesin (motor Rossi dan Lorenzo), namun perbedaan besar adalah bahwa Lorenzo terjadi di pemanasan dan buat saya itu terjadi dalam lomba," kata Rossi. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com