Senin, 15 Jun 2015 06:21 WIB

MotoGP

Podium yang Berarti Buat Pedrosa

Doni Wahyudi - detikOto
Catalunya - Dani Pedrosa mungkin tidak pernah merasa sebahagia ini meraih posisi ketiga. Untuk kali pertama musim ini dan setelah mengalami cedera yang mengancam kariernya, naik podium memberi kebahagiaan besar untuknya.

Pedrosa gagal bersaing dengan Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi yang menempati dua posisi terdepan MotoGP Catalunya, Minggu (14/6/2015) malam WIB. Rider Spanyol itu finis di posisi tiga dengan selisih waktu 19 detik lebih dari pemilik podium tertinggi.

Meski tak cukup meyakinkan, meraih posisi tiga jadi berkah besar untuk Pedrosa. Ini adalah podium pertama Pedrosa setelah yang terakhir dia dapat di Valencia musim lalu. Satu hal lain yang lebih penting adalah fakta bahwa podium ini diraih setelah dia nyaris berpikir untuk menyudahi karier karena cedera yang kembali dirasakan di Qatar.

"Sangat gembira kembali ke podium. Penantiannya panjang dan saya menjalani momen yang sulit sampai bulan lalu. Saya harus mengambil keputusan dan semuanya sepertinya bertentangan dengan keinginan saya, tapi saya mengikuti hati saya dan itu menjadi hal yang tepat untuk dilakukan karena setelah melakukan comeback saya merasa terus membaik dan membaik. Jelas kalau saya mengalami kemajuan dalam hal kondisi fisik," sahut Pedrosa di Crash.

"Juga buat pikiran saya, bahwa sangatlah penting untuk mendapatkan lagi kepercayaan diri dan mencoba untuk memulai melupakannya (cedera) dengan berada di atas lintasan," lanjut Pedrosa.

Podium ketiga di Catalunya membuat Pedrosa kini mengumpulkan 39 poin dan untuk sementara duduk di posisi 10. Hasil yang diakuinya lumayan baik, mengingat sempat munculnya niatan untuk pensiun dini dari MotoGP.

"Saya tahu kalau saya tidak bisa memulihkan lengan maka tidak ada artinya buat saya ikut balapan dan saya tidak bisa memegang handlebar dan fokus pada membalap. Jadi karena itulah saya berhenti, karena saya tahu itu situasi yang sulit untuk dilanjutkan dalam kondisi seperti itu. Saya harus tahu kejelasan masa depan saya di dunia balap," tukas pebalap 29 tahun itu.

Pada balapan yang dihelat di Circuit de Catalunya, Minggu (14/6/2015) malam WIB, Jorge Lorenzo yang start di posisi ketiga berhasil berada di urutan pertama sejak balapan dimulai dan mampu dipertahankannya hingga akhir balapan.

Sementara itu nasib sial kembali dialami Marc Marquez setelah rider Repsol Honda itu crash dan gagal finis di dua balapan terakhirnya. Finis di posisi kedua adalah rekan setim Lorenzo di Movistar Yamaha, Valentino Rossi, disusul Dani Pedrosa.

Dengan tambahan 25 poin ini, Lorenzo menempel ketat Rossi di puncak klasemen dengan selisih hanya satu poin. Jumlah poin Lorenzo adalah 137, sementara Rossi adalah 138.

Sementara juara bertahan, Marquez, di posisi kelima dengan 69 poin, di bawah duo Ducati, Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso.

Jalannya Balapan

Lorenzo langsung tancap gas saat balapan dimulai dengan menguasai posisi terdepan di tikungan pertama. Dia diikuti Dovizioso, Marquez, dan Bradley Smith. Sementara Pol Espargaro di posisi kelima.

Cal Crutchlow jadi pebalap pertama yang jatuh di lap pertama. Di lap ini pula Marquez sudah ada di posisi kedua usai menyalip Dovizioso, untuk terus mendekati Lorenzo yang terlihat nyaman di posisi pertama.

Di lap ketiga bencana datang untuk Marquez ketika dia tengah membuntuti Lorenzo. Hendak menyalip rivalnya asal Yamaha itu, Marquez melebar ke luar lintasan dan terjatuh dari motornya hingga harus menuntaskan balapan lebih cepat.

Rossi pun kemudian menggantikan tempat Marquez di posisi kedua, sementara Lorenzo ngacir di depan meninggalkan lawan-lawannya.

Di lap kelima giliran Pol Espargaro yang terjatuh dan disusul Dovizioso di lap berikutnya. Sementara Rossi masih coba terus menjaga jarak dengan Lorenzo di posisi terdepan.

Lap demi lap berlalu, Lorenzo masih tanpa gangguan meski Rossi berkali-kali coba memangkas jarak dengan rekan setimnya tersebut. Di dua lap terakhir Rossi bahkan hanya berjarak 1 detik.

Namun, Lorenzo akhirnya mampu mempertahankan posisi terdepan dan jadi pebalap pertama yang melintasi garis finis, disusul Rossi dan Dani Pedrosa.

(din/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com