Minggu, 29 Mar 2015 15:16 WIB

Puluhan Pebalap Ngegas di Sunday R Cup Series

- detikOto
Sentul - Meski baru pertama kali digelar di Indonesia, bisa dipastikan puluhan pebalap profesional ikut 'turun' ngegas di Sunday Race R Cup Series.

Berdasarkan data yang didapat detikOto, di Sentul Bogor Jabar, Minggu (29/3/2015) sesuai dengan temanya R Series, motor yang digunakan di ajang Sunday Race R Cup Series adalah YZF-R6, YZF-R25, YZF-R15.

Sunday Race R Cup Series terdapat tiga kategori yaitu Professional, Komunitas A, dan Komunitas B. Dengan kelas yang perlombaan kelas YZF-R15 Komunitas sebanyak 11 pebalap. kelas YZF-R15 Professional 18 pebalap.

Kelas YZF-R25 Komunitas A 16 pebalap, kelas YZF-R25 Komunitas B sebanyak 55 pebalap, kelas YZF-R25 Professional 36 pebalap.

Terakhir, ajang balapan seri R Yamaha ini juga memiliki kelas YZF-R6 Komunitas 6 pebalap, kelas YZF-R6 Professional 6 pebalap.

Sehingga jika ditotal, tidak kurang sebanyak ada 60 pebalap profesional yang ikut berkiprah di ajang Sunday Race R Cup Series.

Dikatakan Profesional Rider dan Komunitas A berada di jalur Championship sedangkan Komunitas B adalah Exhibition Race. Di kelas profesional rider diikuti pebalap profesional menggunakan motor injeksi spesifikasi racing.

Komunitas A berasal dari anggota klub motor Yamaha R Series atau non komunitas Yamaha tapi bukan pebalap profesional. Di kelas ini memakai motor spesifikasi standard tune up.

Sedangkan yang paling seru persaingannya di kelas Komunitas B berasal dari anggota klub motor R Series Yamaha yang terkenal sangat kompak.

Di Komunitas B menggunakan motor spesifikasi standard , hanya modifikasi terfokus pada bagian safety part saja seperti brake system, steering system. Sedangkan di bagian fuel system dilimitasi modifikasinya, dimaksudkan agar lebih terjangkau dan ikut balap tidak perlu mahal. Ini jadi ajang pembuktian kualitas R Series Yamaha.

Di kelas Komunitas diwajibkan melampirkan surat rekomendasi dari klub atau komunitas dengan skill levelnya setara.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com