Kamis, 24 Jul 2014 16:00 WIB

Laporan dari Jepang

Tiga Pebalap AHM Ikuti Free Practice Lomba Ketahanan 8 Jam Suzuka

- detikOto
Suzuka - Dimas Ekky Pratama, pebalap asuhan PT Astra Honda Motor siap berlaga di ajang 37th Coca Cola Zero Suzuka 8-Hours Endurance Road Race. Pebalap 22 tahun itu mengikuti latihan resmi free practice sebelum para pebalap mengikuti babak kualifikasi pada 26 Juli mendatang.

Dimas yang bergabung dengan Honda Team Asia akan bergabung dengan pebalap asal Malaysia Zamri Baba dan pebalap asal Australia Josh Hook. Mereka akan mengendarai motor Honda CBR1000RR.

Tahun lalu, Dimas bersama rekan satu tim-nya Iswandi Muis menjadi juara satu di kategori 4 Hours. Nah tahun ini, Dimas naik kelas di kategori 8 Hours.

Honda Asia Team akan berkompetisi dengan 71 tim balap internasional seperti Musashi RT Harc-Pro yang diperkuat pebalap Takumi Takasashi (Jepang) dan F.C.C TSR Honda.

"Ini pertama kalinya saya pakai 1000 cc, sebelumnya 600 cc terus," ujar Dimas saat ditemui sebelum mengikuti sesi latihan di sirkuit Suzuka seperti dilaporkan reporter detikOto Ken Yunita langsung dari sirkuit Suzuka, Jepang, Kamis (24/7/2014).

Suzuka 8-Hours Endurance Road Race merupakan salah satu ajang bergengsi tahunan yang digelar di Jepang. Kompetisi ini tak cuma soal kecepatan tapi juga ketahanan motor selama 8 jam.

Tak cuma adu kencang, para pebalap juga saling menguji kompetensi, mental dan fisik untuk menjadi yang terbaik. Balapan akan digelar pada 27 Juli mendatang.

Selain Dimas, AHM juga mengirimkan satu tim untuk kategori 4 Hours. Dua pebalap yang akan turun ke sirkuit adalah Iswandi Muis & Andi Farid Izdihar (Gilang).

Kedua pebalap ini berupaya mempertahankan gelar juara yang tahun lalu diraih Iswandi dan Dimas. "Tapi saya tak ingin itu menjadi beban, yang penting balapan dengan baik," ujar Iswandi.

Di kelas ini, tim AHM yang baru pertama kali ikut pada 2013 langsung bisa mengibarkan bendera Merah Putih di podium saat menyabet juara pertama.



(ken/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com