Minggu, 30 Mar 2014 17:57 WIB

Mercedes Sempurna di Sepang

- detikOto
AFP/Rahman Roslan
Sepang - Mercedes mampu tampil sempurna saat melakoni GP Malaysia di Sirkuit Sepang. Tak cuma keluar sebagai pemenang, pabrikan asal Jerman itu juga tampil dominan sejak latihan bebas pertama.

Pertanda baik bagi Mercedes tampak saat dua driver merkeka bergantian menguasai latihan bebas. Hamilton di latihan bebas pertama, sementara Nico Rosberg di dua latihan bebas sisa.

Hamilton lantas menegaskan bahwa Mercedes memang layak dijagokan usai merebut pole position. Dia yang tak menemui kesulitan berarti saat balapan, lantas sukses menebus kegagalan finis di seri sebelumnya dengan menjadi juara usai mencatatkan waktu satu jam 40 menit 25, 974 detik..

Rosberg mampu melengkapi kegembiraan Mercedes dengan mengamankan posisi runner-up usai finis 17,3 detik lebih lambat.

Dengan hasil ini, dua pebalap Mercedes saat ini menguasai klasemen sementara pebalap. Rosberg ada di posisi pertama dengan raihan 43 poin, disusul Hamilton yang berjarak 18 angka.

Tak cuma itu, Mercedes kini juga ada di posisi pertama klasemen konstruktor dengan raihan 68 poin. Mereka dikuntit oleh McLaren yang mengumpulkan 43 angka.

Sementara itu, juara dunia dunia empat kali berturut, Sebastian Vettel, mulai menunjukkan tanda-tanda perbaikan performa. Setelah gagal finis di GP Australia, driver asal Jerman itu meraih podium pertama dengan menempati posisi tiga balapan di Malaysia.

Jalannya Balapan

Start bagus langsung dilakukan oleh dua driver Mercedes. Hamilton yang start dari pole position mampu mempertahankan posisinya. Sementara itu, Rosberg mampu menyalip Vettel hingga mampu memnduduki posisi dua.

Baru di lap kedua, Kevin Magnusen dan Kimi Raikkonen sudah masuk ke pit. Posisi lima besar di lap ini dihuni oleh Hamilton, Rosberg, Ricciardo, Vettel and Alonso.

Balapan berjalan delapan lap, Hamilton sudah mulai melesat sendirian di depan. Dia sudah unggul lima detik dari Rosberg.

Di lap 14, Vettel masuk pit untuk kali pertama. Hamilton menyusul satu lap kemudian, driver asal Inggris itu lantas menempati posisi kedua di belakang Nico Hulkenberg saat kembali ke lintasan.

Dua lap berselang, Hamilton kembali menjadi yang terdepan. Hulkenberg masuk ke pit untuk melakukan pergantian ban.

Di lap 34, Vettel mencatatkan fastest lap. Dia melahap satu putaran dalam catatan waktu satu menit 44,7 detik.

Hingga lap 38, sebanyak tiga pebalap sudah ada empat pebalap yang gagal menyelesaikan balapan. Pastor Maldonando, Esteban Gutierrez, Adrian Sutil, dan juga Sergio Perez, merupakan pebalap-pebalap itu.

Ricciardo mengalami masalah saat masuk ke pit pada lap 41. Kru Red Bull kurang sempurna saat memasang ban, dia pun sampai harus didorong kembali ke pit lagi untuk membenahi masalah ban. Dia pun harus menempati posisi 14 saat kembali masuk ke trek.

Hingga lap ke-41, Hamilton kini sudah makin jauh di depan. Dia sudah berjarak 10, 6 detik dari Rosberg yang menempati posisi kedua.

Ricciardo kembali mengalami masalah pada mobilnya di lap 44. Dia pun harus kembali ke pit lagi untuk mengganti sayap depan mobilnya.

Ricciardo akhirnya gagal menyelesaikan balapan setelah lima kali melakukan pit. Dia menyerah saat balapan tinggal menyisakan empat lap.

Hamilton akhirnya berhasil menjadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis di Sepang. Dia lantas diikuti oleh Rosberg dan juga Vettel.



(cas/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
dMentor
×
Ide Bisnis Snack Ala Filsa Budi Ambia
Ide Bisnis Snack Ala Filsa Budi Ambia Selengkapnya