Rekor Menanti Marquez

- detikOto
Senin, 01 Apr 2013 18:38 WIB
Jakarta - Status juara dunia Moto2 dan dukungan tim Repsol Honda membuat Marc Marquez diyakini punya potensi besar untuk langsung berprestasi. Dengan usia yang masih muda, dia juga ditunggu serangkaian rekor.

Honda memilih mempromosikan Marquez sebagai pebalap pengganti Casey Stoner yang memutuskan pensiun musim lalu. Marquez adalah juara dunia Moto2 musim 2012 dan juara dunia kelas 125 cc di musim 2010, saat ini usia pebalap asal Spanyol itu baru 20 tahun (lahir 17 Februari 1993).

Fakta tersebut plus dukungan dari tim Repsol Honda membuat Marquez langsung dijagokan untuk bisa bersaing dengan barisan teratas MotoGP yang diisi Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo serta Valentino Rossi. Marquez sudah membuktikan hal tersebut melalui catatan waktu yang beberapa kali dia bukukan pada tes pra musim.

Jika benar bisa tampil sesuai harapan, maka Marquez akan punya peluang memecahkan beberapa rekor. Di Losail pada seri pertama MotoGP 2013, Minggu (7/4/2013) waktu setempat, jika berhasil jadi juara dia akan menyamai catatan Jarno Saarinen (1973) dan Max Biaggi (1998) yang langsung jadi pemenang dalam balapan debut di kelas rajanya balap motor. Marquez akan jadi orang pertama yang melakukannya di kategori MotoGP karena Biaggi dan Saarinen menorehkannya saat masih 500cc.

Marquez juga punya kesempatan untuk jadi pebalap termuda yang memenangi seri MotoGP, dia punya waktu sampai seri Republik Ceko yang digelar Agustus mendatang untuk mematahkan rekor milik Freddie Spencer. Sebagai catatan, Spencer kini tercatat sebagai pebalap termuda yang memenangi seri MotoGP. Demikian diberitakan Marca.

Marquez juga punya kesempatan mematahkan rekor milik Dani Pedrosa. Seniornya di tim Honda itu kini menjadi pebalap termuda yang meraih paling tidak satu kemenangan di tiga kelas berbeda (125, 250/Moto2 dan MotoGP). Marquez punya waktu sampai dia berumur 20 tahun dan 227 hari untuk mengalahkan Pedrosa.

Terakhir, Marquez memiliki peluang untuk jadi juara dunia termuda sepanjang sejarah MotoGP. Rekor tersebut saat ini masih dipegang pebalap Amerika Serikat, Freddie Spencer.

(din/syu)