'Lorenzo Lebih Pilih Spies Ketimbang Rossi'

- detikOto
Jumat, 24 Agu 2012 21:18 WIB
Brno - Jorge Lorenzo akan kembali berduet dengan Valentino Rossi mulai tahun depan. Yamaha mengungkapkan bahwa sesungguhnya Lorenzo lebih pilih tetap bertandem dengan Ben Spies daripada dengan Rossi.

Lorenzo dan Rossi akan memperbarui rivalitasnya di 2013 setelah pebalap Italia itu resmi menandatangani kontrak selama dua tahun bersama Yamaha usai gagal total bersama Ducati.

"Kami bertemu di Mugello saat kami mengatakan kepada Jorge dengan situasi seperti ini akan ada kemungkinan untuk kembali mengontrak Valentino sebagai rekan se-timnya," ujar bos Yamaha Lin Jarvis kepada MCN, jelang MotoGP Republik Ceko.

"Saya pikir Jorge secara jujur lebih memilih tetap mempertahankan Ben sebagai rekannya karena mereka punya hubungan yang sangat baik dalam dua tahun ini. Itu prioritas dia dan itu juga yang kami upayakan."

"Tapi pada akhirnya dia menghormati keputusan Yamaha untuk membawa kembali Valentino dan ini terserah kami bagaimana mengatur situasinya," sambungnya.

Jarvis turut membantah isu bahwa Yamaha mendapat tekanan dari bos Dorna Carmelo Ezpeleta untuk merekrut Rossi usai tampil tak sesuai harapan dengan Ducati.

"Meskipun beberapa orang akan bilang hal ini luar biasa saya bisa mengatakan bahwa Carmelo tidak mempengaruhi apapun. Saya tidak pernah membahas kembalinya Valentino Rossi ke Yamaha dengan dia, jadi ini hanya soal Valentino tertarik kepada Yamaha dan kami tertarik kepada Rossi," tegas Jarvis.

Lorenzo dan Rossi sempat punya hubungan kurang harmonis saat menjadi rekan se-tim pada 2008-2010. Keduanya tidak saling tukar data motor dan bahkan punya dinding pembatas di dalam pitbox mereka. Tapi baru-baru ini Rossi mengatakan hubungannya dengan Lorenzo sudah membaik.

Dovizioso Antusias Bertualang di Ducati

Sementara itu, Andrea Dovizioso sudah dipastikan akan memperkuat Ducati mulai musim depan. Tercapainya kesepakatan kerja sama dengan Ducati ini disambut Dovi dengan perasaan gembira dan antusias.

Dovizioso, yang di musim ini membela Yamaha Tech 3, sudah menandatangani kontrak dua tahun dengan Ducati. Di tim Italia itu, dia akan menggantikan Valentino Rossi yang akan kembali ke Yamaha.

"Saya menandatangani kontrak kemarin (Rabu). Ini adalah sebuah keputusan besar. Saya begitu bahagia dan sangat antusias menjadi bagian dari proyek bersama Ducati Audi," aku Dovizioso di Crash.

"Saya bicara dengan (Presiden Ducati Gabriele) Del Torchio dan (Manajer Umum Ducati Corse Filippo) Preziosi. Mereka menjelaskan proyek dan juga masuknya Audi," tambahnya.

Di musim ini, performa Ducati memang kurang mengesankan dan kalah bersaing dengan Honda dan Yamaha. Dovizioso berharap kehadirannya bisa membantu tim tersebut untuk meraih kesuksesan lagi.

"Situasi Ducati sekarang semua orang sudah tahu. Saya harap dan saya meyakini kerja bersama untuk meraih hasil. Saya tak bisa bilang lebih dari itu karena tak ada yang tahu bagaimana persisnya motornya dan bagaimana Ducati itu kalau Anda tak mencoba," kata pebalap 26 tahun ini.

(mfi/syu)