ADVERTISEMENT

SPKLU Diperbanyak, Akhir Tahun Bisa Road Trip Jakarta-Aceh Pakai Mobil Listrik

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 28 Jul 2022 07:56 WIB
PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) melakukan peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di PLN UID Jakarta Raya, Selasa (29/10/2019). Dalam kesempatan ini Deddy Corbuzier juga mencoba fasilitas charger di PLN UID ini.
PT PLN (Persero) akan memperbanyak fasilitas SPKLU. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan memperbanyak fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Indonesia. Tidak hanya di pulau Jawa, SPKLU juga akan dibangun di pulau Sumatra. Target PLN, pada akhir tahun 2022 masyarakat bisa touring Jakarta ke Aceh pakai mobil listrik.

Executive Vice President Pemasaran dan Pengembangan Produk PT PLN (Persero), Hikmat Drajat, PLN mengembangkan peta jalan (road map) SPKLU yang akan membentang dari Banda Aceh (Sumatra) hingga ke Nusa Dua (Bali).

Menurut Hikmat, pihaknya sudah mencoba melakukan touring dari Jakarta ke Bali menggunakan 20 mobil listrik, dan sudah terfasilitasi SPKLU dengan baik. "Jadi (pengguna mobil listrik) tidak usah khawatir kehabisan baterai di jalan tol, SPKLU sudah tersedia," bilang Hikmat di arena Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (27/7/2022).

"Nah, nanti di akhir tahun 2022 ini kita akan tembuskan--bukan hanya Jakarta-Bali--tapi Jakarta sampai ke Banda Aceh touring itu pakai jalan tol di lintas Sumatra sudah bisa tembus mobil listrik. Artinya sudah siap infrastrukturnya ya," sambung Hikmat.

Dalam road map PLN, fasilitas SPKLU dengan jalur Sumatra-Jawa-Bali nantinya akan ditambah sebanyak 55 unit, sementara yang sudah tersedia saat ini ada 34 unit.

Tak hanya itu di tiga pulau itu, PLN juga akan membangun fasilitas serupa di pulau-pulau lainnya. Di lintas Kalimantan akan dibangun lagi 20 unit SPKLU dari 5 unit yang sudah tersedia saat ini. Kemudian di Sulawesi juga akan ada penambahan 22 unit SPKLU dari 8 unit yang sudah ada saat ini.

Kemudian di Nusa Tenggara, akan dibangun lagi 5 unit SPKLU dari 7 unit yang sudah ada saat ini. Terakhir di Maluku dan Papua, akan ditambahkan 10 unit SPKLU dari 2 unit yang sudah ada saat ini.

Secara total, hingga Juni 2022 PLN tercatat memiliki 139 unit SPKLU yang tersebar di 107 titik di seluruh Indonesia, itu termasuk penambahan 43 unit SPKLU serta 37 titik selama tahun 2022.



Simak Video "Tak Cuma di Jawa, SPKLU PLN Juga Akan Disebar di Sumatera"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT