Dukung KTT G20 Bali, PLN Bakal Sediakan 60 Unit Ultra Fast Charging

ADVERTISEMENT

Dukung KTT G20 Bali, PLN Bakal Sediakan 60 Unit Ultra Fast Charging

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 27 Jul 2022 18:12 WIB
SPKLU PLN
Ilustrasi SPKLU PLN. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Indonesia akan menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada November 2022. Pada pertemuan negara-negara anggota kelompok ekonomi dua puluh tersebut, akan digunakan ratusan mobil listrik sebagai kendaraan operasional para petinggi negara.

Executive Vice President Pemasaran dan Pengembangan Produk PT PLN (Persero), Hikmat Drajat mengatakan, PLN siap menyediakan fasilitas SPKLU alias Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum dengan dukungan Ultra Fast Charging.

"Indonesia akan menyelenggarakan event internasional KTT G20, kami sudah berencana menyediakan untuk infrastruktur itu adalah Ultra Fast Charging. Kurang lebih 200 kW. Jadi kan rencananya seluruh mobil KTT itu mobil listrik, nah kami menyediakan kurang lebih ada sekitar 60 unit Ultra Fast Charging," kata Hikmat di arena Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Sebagai catatan, sudah ada beberapa merek mobil yang menyatakan komitmen mendukung KTT G20 dengan menyuplai kendaraan elektrifikasi. Antara lain Hyundai dengan merek mobil listrik Ioniq 5 dan Genesis G80.

Presiden Jokowi menjajal mobil listrik Genesis G80 di Batang (Foto:  Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)Presiden Jokowi menjajal mobil listrik Genesis G80 di Batang (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden) Foto: Presiden Jokowi menjajal mobil listrik Genesis G80 di Batang (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Ioniq 5 merupakan mobil crossover listrik yang sudah diproduksi secara lokal di pabrik Hyundai di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Sementara Genesis G80 adalah merek sedan premium Hyundai yang bertenagakan listrik. Genesis G80 ini bahkan sudah dicoba Presiden Jokowi saat kunjungan kerja ke Batang.

Sementara dari merek Toyota, bakal menyediakan sekitar 143 unit mobil listrik SUV, Toyota bZ4X. Tak hanya dari pabrikan Korea Selatan dan Jepang, merek asal China, Wuling, juga bakal menyuplai sekitar 300 unit Wuling EV.

Toyota bZ4XToyota bZ4X Foto: doc. Toyota


Simak Video "Melihat Lokasi KTT G20 yang Bakal Digelar Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT