Ini Alasan Toyota Pilih Innova untuk Proyek Mobil Listrik di Indonesia

ADVERTISEMENT

Ini Alasan Toyota Pilih Innova untuk Proyek Mobil Listrik di Indonesia

Luthfi Anshori - detikOto
Sabtu, 02 Apr 2022 13:11 WIB
Toyota Kijang Innova Listrik muncul di IIMS 2022
Toyota Innova Listrik Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

PT Toyota-Astra Motor (TAM) memajang mobil listrik konsep Innova EV Concept Study Car di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 selama satu hari (31/3/2022). Ini alasan Toyota memilih Innova untuk jadikan mobil listrik konsep.

Dijelaskan Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, ada beberapa hal yang jadi pertimbangan Toyota sehingga menjatuhkan pilihan pada Innova.

"Yang pasti satu, Kijang Innova adalah produk legend dan produk yang selalu bertransformasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dan kebetulan di tahun ini momentum yang pas karena Kijang di tahun ini berusia 45 tahun," kata Anton dalam diskusi virtual, Jumat (1/4/2022).

Lanjut Anton menjelaskan, Kijang adalah produk Toyota yang sangat terkenal di Indonesia, sehingga cocok dijadikan produk konsep seperti mobil listrik konsep.

Sekadar informasi, pada 2021 lalu Toyota Indonesia telah memperkenalkan 10 mobil listrik yang terdiri dari 8 kendaraan HEV, 1 kendaraan PHEV, dan 1 BEV Lexus untuk publik Indonesia.

Toyota Indonesia juga mengembangkan kendaraan elektrifikasi di dalam negeri, salah satunya tengah menyiapkan produksi kendaraan HEV untuk pasar domestik hingga konsumen global.

Toyota Kijang Innova Listrik muncul di IIMS 2022Toyota Kijang Innova Listrik muncul di IIMS 2022 Foto: Agung Pambudhy

Dan di IIMS Hybrid 2022, diperkenalkan Kijang Innova BEV concept study car, pertama di Indonesia. Proyek studi ini memilih utilisasi Toyota Kijang Innova yang telah dikenal sebagai mobil keluarga legendaris Indonesia yang telah memiliki kandungan lokal tinggi.

Proyek Kijang Innova BEV Concept Study Car juga bertujuan untuk mengeskalasi kemampuan engineer Indonesia serta mengembangkan kapabilitas SDM nasional di bidang elektrifikasi.

"Lewat produk ini Toyota Indonesia dapat merealisasikan transfer pengetahuan, inovasi teknologi, dan peningkatan kemampuan SDM industri otomotif kepada seluruh rantai pasok hingga para akademisi yang selaras dengan moto Toyota Indonesia We Make People Before We Make Product".

"Kijang Innova BEV Concept Study Car jadi bagian dari continuous improvement yaitu semangat pengembangan ekosistem elektrifikasi Indonesia yang diwujudkan bersama para engineer anak bangsa. Proyek ini sekaligus menjadi titik awal transformasi bersama ke era elektrifikasi dengan menggandeng seluruh rantai pasok yang sudah berperan membangun industri otomotif nasional selama ini, sambil mempersiapkan ekosistem lengkap untuk BEV. Kijang Innova BEV concept study car merupakan bentuk dukungan prinsipal dan kepercayaan terhadap Indonesia".

"Dengan memilih model lokal, ekosistem industri otomotif yang sudah ada dapat dijaga dan juga mampu mengembangkan rantai pasokan baru untuk beradaptasi dengan teknologi elektrifikasi. Lewat kolaborasi bersama dengan OEM (Original Equipment Manufacturer) lainnya, Toyota Indonesia dapat mempercepat terciptanya ekosistem BEV di Indonesia".



Simak Video "Innova Pakai FWD, Toyota Nggak Takut Konsumen Kabur?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT