Mencoba Honda BeAT Listrik: Nggak Bisa 'Mbar Mber' Lagi, yang Ini Super Kencang...

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 23 Apr 2021 19:58 WIB
Honda BeAT dikonversi jadi motor listrik
Honda BeAT dikonversi jadi motor listrik Foto: Gilang
Jakarta -

Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 tidak hanya menyajikan motor keluaran pabrikan tetapi juga bisa menjajal roda dua yang sudah dimodifikasi. Salah satunya Honda BeAT yang dikonversi menjadi listrik besutan Petrik Bike.

Honda BeAT listrik itu mejeng di area test ride IIMS Hybrid 2021. Siapapun diperbolehkan menjajal asalkan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) C.

Hendro salah satu penggiat di Komunitas Sepeda Motor Listrik (KOSMIK) mengatakan BeAT Listrik tersebut ditujukan untuk turun diajak drag race. Biaya yang dihabiskan Rp 40 juta, namun untuk spek harian bisa lebih murah berkisar di angka Rp 15 juta hingga Rp 25 juta.

"Ini kan keperluannya beda, kemarin dibuat untuk turun drag race, speknya memang lebih up atau overkill," ungkap Hendro saat ditemui di booth test ride KOSMIK di Kemayoran, Jakarta.

"Ini posisinya dilimit, (kalau tidak dibatasi) posisinya bisa ngejengkang-ngejengkang orang (test ride), mungkin sekitar ini baru 60 persen (kemampuannya)," sambung dia.

Untuk diketahui proyek ini dikerjakan oleh Ady Siswanto dari bengkel modifikasi PetrikBike, di Jatiranggon, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Menurut Ady, motor bebek atau motor matik entry level seperti Honda BeAT yang dimodifikasi menjadi motor listrik, bakal memiliki tarikan awal yang lebih kuat dibanding motor bensin 250 cc sekalipun.

"Dengan motor bebek atau matik, diganti pakai motor listrik, ini tenaga awalnya bakal gede banget, bahkan Ninja 250 aja bisa kalah tarikan awalnya dengan motor ini," jelas Ady beberapa waktu yang lalu.

Honda BeAT dikonversi jadi motor listrikHonda BeAT dikonversi jadi motor listrik Foto: Gilang

Dalam amatan detikcom Honda BeAT tersebut berubah total di bagian belakang. Mesin pembakaran hingga box CVT ditanggalkan, lengan ayun pun diganti plus kini menggunakan dua shockbreaker pada bagian belakag.

Berbeda dengan motor listrik Gesits yang menggunakan mid-drive, di mana tenaga disalurkan melalui belt untuk penggerak roda. BeAT listrik itu langsung memasang motor listrik berkapasitas 5.000 watt pada tromol roda belakang.

Perubahan lain juga terlihat pada bagian pengereman cakram depan dan belakang, velg, swing arm, dan juga ukuran ban yang lebih lebar.

Oke, bagaimana rasanya menjajal BeAT listrik?

Honda BeAT dikonversi jadi motor listrikHonda BeAT dikonversi jadi motor listrik Foto: Gilang

Secara dimensi serta feeling posisi berkendara dari motor konversi ini tidak jauh berbeda dengan Honda BeAT.

Perbedaan yang paling terasa ialah suara, tentu saja karena CVT, mesin, serta knalpot sudah tak digunakan lagi.

Saat kontak diposisikan ke on, Honda BeAT listrik ini sudah bisa langsung ngacir. Motor terasa lebih hening, atau sudah tak bisa mber mber lagi, seperti suara knalpot motor BeAT yang sudah dimodifikasi.

Tenaga dari baterai yang disalurkan ke hub motor 5.000 Watt tidak bisa dianggap remeh, akselerasinya sangat kuat, tenaga terus terisi hingga ke putaran atas. Namun tidak nyentak saat di awal alias masih halus untuk kategori sepeda motor.

Dalam akun YouTube Petrik Bike juga disebutkan jika motor ini saat test dyno tenaganya tembus 30 hp dan top speed-nya mencapai 170 km/jam. Waw ngebut sekali ya?



Simak Video "Tampil Lebih Segar, Segini Harga Honda Beat Baru Per Juli 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)