Senin, 13 Jan 2020 18:27 WIB

Mobil Listrik Baru Nissan Punya Teknologi e-4ORCE, Apa Itu?

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Nissan
Jakarta - Setelah mejeng di perhelatan Tokyo Motor Show (TMS) 2019, Nissan kembali memamerkan mobil listrik konsep Nissan Ariya di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2020 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Pada kesempatan ini Nissan juga memperkenalkan salah satu teknologi canggih yang dibenamkan di Ariya. Teknologi ini disebut e-4ORCE yang merupakan all-wheel-control dengan twin-motor terbaru.

Nissan AriyaNissan Ariya Foto: Zulfi Suhendra/detikcom


Melansir situs Nissan Global, teknologi ini memberikan torsi instan ke keempat roda untuk menghasilkan tenaga yang seimbang dan dapat diprediksi, serta kemampuan pengendalian yang setara seperti kebanyakan mobil sport premium.



Huruf 'E' sendiri mewakili teknologi Nissan yang diaktifkan oleh sistem penggerak motor listrik 100%. Sedangkan '4ORCE' diucapkan 'force', membangkitkan kekuatan fisik dan energi dengan angka '4' sebagai representasi untuk kemampuan mengendalikan semua roda.

"Teknologi kontrol all-wheel twin-motor e-4ORCE menawarkan penanganan dan stabilitas yang tepat, yang memberi pengemudi kepercayaan diri yang lebih besar dan bahkan lebih banyak menawarkan kegembiraan dari sebelumnya," kata Nissan's Senior Vice President of Research and Advanced Engineering Takao Asami.

Lanjut Asami menjelaskan, teknologi ini memungkinkan memberi kinerja lebih saat menikung, dengan traksi yang sangat baik pada permukaan yang licin, sehingga memberi kenyamanan untuk semua penumpang.


Teknologi e-4ORCE di mobil konsep Nissan AriyaTeknologi e-4ORCE di mobil konsep Nissan Ariya Foto: Nissan


Sebagai informasi, teknologi ini lahir dari pengembangan sistem torsi split ATTESA E-TS pada Nissan GT-R dan sistem 4X4 yang cerdas dari Nissan Patrol. Insinyur mengembangkan teknologi e-4ORCE secara khusus untuk mengelola output daya kendaraan listrik dan kinerja pengereman, agar halus dan stabil.

Teknologi e-4ORCE diklaim bisa meningkatkan kepercayaan diri pengemudi, karena bisa memprediksi garis permukaan jalan yang diinginkan pengemudi. Selain itu, teknologi ini juga aman untuk berbagai permukaan jalan, khususnya di permukaan jalan yang licin, sebab keempat rodanya sudah dibekali kontrol traksi independen.

[Gambas:Youtube]



Simak Video "Nissan Launching SUV Kicks e-Power, Bukti Belum Mati di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com