Kamis, 24 Okt 2019 19:49 WIB

Laporan dari Tokyo

Sudah Distudi, SUV 1.000 cc Turbo Daihatsu Siap Dibawa ke RI?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Rangga Rahadiansyah Foto: Rangga Rahadiansyah
Tokyo - Daihatsu meluncurkan SUV mungil bermesin 1.000 cc turbo. SUV itu sampai saat ini belum ada namanya. Daihatsu menyebutnya sebagai Compact SUV. Namun, gosip yang beredar mobil ini akan menggunakan nama Daihatsu Rocky.

Bagi sebagian detikers, nama Daihatsu Rocky mungkin tak asing lagi. Sebab dulu, sempat ada SUV offroad bernama Rocky yang dijual oleh Daihatsu. Kemungkinan nama itu dipakai lagi untuk SUV mungil ini.



Informasi lebih detail sampat saat ini belum tersedia terkait waktu peluncuran dan harganya. Begitupun tak jelas apakah mobil ini akan masuk Indonesia atau tidak. Namun, kemungkinan besarnya PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia akan menjual mobil SUV mungil tersebut.

DaihatsuDaihatsu Foto: Rangga Rahadiansyah


Presdir Daihatsu Motor Co. Japan, Soichiro Okudaira, bilang pihaknya telah melakukan studi terkait SUV ini di Indonesia.

"Ya, studinya sudah dilakukan, di sini ada Ibu Amel (Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT ADM), ini (PT ADM) salah satu yang (melakukan) studi juga," kata Okudaira di booth Daihatsu Tokyo Motor Show 2019 di Aomi Exhibition Hall, Tokyo, Jepang.



"Kami berusaha masuk ke pasar Indonesia secepat mungkin. Studi lebih lanjut nanti," lanjutnya.

Untuk diketahui, SUV yang kabarnya bernama Daihatsu Rocky ini menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA), sebuah platform baru yang dikembangkan oleh Daihatsu. Mobil ini akan mengisi segmen SUV kecil.

DaihatsuDaihatsu Foto: Rangga Rahadiansyah


Tertulis dalam tabel spesifikasi yang tertera di pameran Tokyo Motor Show 2019, mobil ini memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.620 mm. Wheelbase-nya sepanjang 2.525 mm. Mobil ini memiliki bobot 980 kg.



Untuk mesin, SUV ini menggendong mesin 1.000 cc, 3 silinder, berpendingin air, dengan turbo intercooler. Tenaganya mencapai 98 PS di 6.000 rpm dengan torsi 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm. Mesin dikawinkan dengan transmisi CVT.

Daihatsu Rocky memiliki kapasitas tempat duduk untuk 5 orang.

Simak Video "Daihatsu Rocky Muncul Lagi, Mejeng di Tokyo Motor Show 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com