Minggu, 22 Apr 2018 18:13 WIB

Laporan dari IIMS 2018

Mazda Jepang Sudah Hentikan Produksi Biante

Ruly Kurniawan - detikOto
Mazda Biante. Foto: dok detikOto Mazda Biante. Foto: dok detikOto
Jakarta - Cukup berbeda dari para produsen otomotif lainnya, Mazda memfokuskan diri ke mobil Sport Utilize Vehicle (SUV). Soalnya, mobil bergaya tersebut bisa digunakan di mana saja. Oleh sebab itu, beberapa produk seperti lepas dari perhatiannya seperti Mazda Biante. Di Jepang, mobil MPV pintu geser itu sudah tidak diproduksi lagi. Lantas bagaimana di Indonesia?


Di perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Roy Arman Arfandi mengungkapkan bahwa dengan tidak dilanjutkannya produksi Mazda Biante di Jepang, otomatis Indonesia terkena dampaknya. Soalnya, mobil Mazda yang ada di Tanah Air dikirim langsung dari sana. Maka dari itu Mazda Biante sedang memasuki gelombang akhirnya.

"Produksi Biante di Jepang memang sudah discountinue. Biante yang disini adalah dari Jepang semua, ini last batch-nya. Jadi, saat ini Biante yang ada di diler adalah model terakhirnya," kata Roy kepada wartawan di gelaran IIMS 2018, JI Expo Kemayoran, Jakarta.


"Kalau stock habis, mungkin tidak dijual lagi (Mazda Biante-Red)," lanjutnya.

Perihal pergantian seragam di Biante, Roy memapakan belum ada kabar terbaru. Tapi bukan berarti Biante akan dilepas begitu saja.

"Saya tidak tahu para engineer mau gimakan nanti (Biante facelift). Jujur saja, saya belum tahu," kata Roy.

Masih di helatan IIMS 2018, Roy juga mengatakan bahwa pihaknya akan membawa mobil Mazda baru. Tapi sayang, ia belum mau menyebutkan waktu pastinya.

"CX-9 adalah produk penutup yang kita bawa dari Jepang untuk di jual di Indonesia. Kalau seandainya kita akan bawa mobil lagi, CX-8 yang paling memungkinkan. Kini sedang kita pelajari. Tunggu nanti,ya," tutupnya. (ruk/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed