Bukan Byson Modif, Ini Moge Listrik Buatan India yang Bisa Ngacir 200 Km/Jam

ADVERTISEMENT

Bukan Byson Modif, Ini Moge Listrik Buatan India yang Bisa Ngacir 200 Km/Jam

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 22 Jan 2023 16:20 WIB
Moge listrik Ultraviolet F99
Moge listrik Ultraviolet F99. Foto: Visordown
Jakarta -

Motor pada gambar di atas memiliki tampilan yang kekar dengan bentuk sayap yang besar dan lebar, disertai lampu depan dan bentuk jok yang agresif. Tapi itu bukan Yamaha Byson modifikasi ya, melainkan sebuah moge (motor gede) listrik terbaru yang bisa digeber hingga kecepatan 200 km/jam.

Seperti dikutip dari Visordown, pabrikan berbasis di India, Ultraviolet, baru saja meluncurkan sebuah motor listrik dengan tampilan streetfighter. Sebelumnya Ultraviolet sudah meluncurkan model F77. Nah, model F99 ini lebih ditujukan buat penggunaan di sirkuit tertutup.

Wajar saja, F99 memiliki kekuatan dua kali lipat dari F77. Ultraviolet F99 sekarang memiliki tenaga 50 kilowatt, yang setara dengan tenaga 65 dk. F99 juga memiliki kecepatan tertinggi lebih dari 200 km/jam, yang setara dengan 124,3 mph.

Sayangnya, pihak Ultraviolet tidak menyebutkan informasi detail mengenai kapasitas baterai, opsi pengisian daya, torsi motor F99, termasuk juga bobot keseluruhan mesin.

Rangka F99 dan bagian motor lainnya bisa dibilang sangat identik dengan F77 sebelumnya, bahkan bagian seperti bannya pun sama dengan F77. Sistem rem F99 memiliki fitur rem cakram hidrolik dengan sistem ABS Bosch dua kanal pada rem depan dan belakang. Kaliper rem depan pakai 4 piston radial, kaliper rem belakang pakai 1 piston radial.

Dengan sebagian besar data yang diinginkan dari F99 tidak diketahui, yang terbaik adalah melihat perbandingan terdekatnya dengan F77. F77 menghasilkan torsi 100 Nm dan ditenagai oleh baterai berkapasitas 10.3 kWh. Versi standar dari street legal F77 dapat menempuh jarak 176 kilometer dengan berat total 207 kilogram.

Namun, F99 adalah versi pacuan balap. Artinya bobot mesin harus lebih ringan dengan lampu yang lebih sedikit dan penggunaan panel karbon pada F99. Jarak tempuh motor ini juga akan berkurang karena kinerja puncak F99 yang lebih tinggi karena untuk penggunaan trek.



Simak Video "Pemerintah Beri Subsidi Harga Motor Listrik, Siapa yang Untung?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT