Motor Listrik Mau Dapat Subsidi Rp 6,5 Juta, Kamu Tertarik Beli?

ADVERTISEMENT

Motor Listrik Mau Dapat Subsidi Rp 6,5 Juta, Kamu Tertarik Beli?

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 02 Des 2022 11:10 WIB
Motor listrik Davinci DC100
Ilustrasi motor listrik (Foto: Pool (Visordown/Davinci))
Jakarta -

Pemerintah menyiapkan subsidi motor listrik senilai Rp 6,5 juta. Pakar dari Institut Teknologi Bandung menyebut besaran insentif tersebut sudah cukup untuk memantik orang beralih ke motor listrik.

Agus Purwadi, Head of Electrical Energy Conversion Research Laboratory Institut Teknologi Bandung (ITB) menjelaskan jika pemerintah serius langkah pemberian insentif sebenarnya bisa mendorong perkembangan motor listrik di Tanah Air.

"Kami pernah melakukan FGD (Forum Group Discussion) di situ sebetulnya peta-nya jelas, di sisi kiri kita buang Rp 500 triliun untuk kompensasi dan subsidi, di sisi kanan, kita over supply listrik. Nah, kalau mau pindah ya mbok, paling tidak pemerintah harus serius misalnya 10 persen anggaran yang di-spend subsidi tadi untuk elektrifikasi," ujar Agus saat seminar nasional yang disiarkan melalui channel YouTube ITB, Kamis (1/12/2022).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri ESDM Arifin Tasrif, Kepala KSP Moeldoko, Pj. Gubernur DKI Jakarta hingga Kakorlantas Polri menghadiri kampanye kendaraan listrik Electric Vehicle Funday dan Konvoi Sepeda Motor Listrik di Bundaran HI, Minggu (20/11/2022).Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri ESDM Arifin Tasrif, Kepala KSP Moeldoko, Pj. Gubernur DKI Jakarta hingga Kakorlantas Polri menghadiri kampanye kendaraan listrik Electric Vehicle Funday dan Konvoi Sepeda Motor Listrik di Bundaran HI, Minggu (20/11/2022). Foto: Ari Saputra

"Paling mungkin dampaknya massal adalah konversi, karena ESDM telah melakukan kajian unit konversi kira-kira kalau low volume Rp 15 juta untuk motor, harapannya kalau mass volume bisa turun, subsidi Rp 6 juta ataupun Rp 6,5 juta untuk motor itu sudah cukup untuk men-trigger pindah untuk kendaraan lama, dan sekaligus bisa membantu target pemerintah," tambah dia.

Pemerintah menargetkan dua juta motor listrik di Indonesia, setidaknya pada 2025. Selain insentif motor listrik baru, versi konversi juga bisa menjadi alternatif mendorong percepatan sepeda motor listrik.

"Konversi akan menjadi alternatif untuk percepatan khususnya untuk UIO (Unit in Operation) di sepeda motor yang paling cepat. Kalau roda empat kita memang masih butuh pemahaman yang lebih advance, apalagi nanti kita mulai kendaraan massal yaitu bus, yang lebih terkontrol, dan pemerintah sudah melakukan bidang kajian," jelas Agus.

Ilectra Motor Group (IMG) resmi meluncurkan skuter listrik Alva One di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, ICE, BSD City, Tangerang, Kamis (11/8/2022). Motor ini dibanderol Rp 34 jutaan.Ilectra Motor Group (IMG) resmi meluncurkan skuter listrik Alva One di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, ICE, BSD City, Tangerang, Kamis (11/8/2022). Motor ini dibanderol Rp 34 jutaan. Foto: Grandyos Zafna

Dikutip Reuters, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan mengatakan subsidi yang diberikan untuk motor listrik adalah sebesar Rp 6,5 juta per pembelian sepeda motor listrik. Skema subsidi serupa juga sedang dipertimbangkan untuk mobil listrik, tapi belum ada rincian lebih lanjut.

"Kalau mau tukar motor ke listrik tahun depan, ya. Nanti dapat subsidi," kata Luhut dikutip Reuters.

Dengan harga motor listrik berpeluang jadi lebih murah, apakah kamu kini tertarik untuk membeli motor listrik? Tulis pilihan dan alasan kamu pada kolom komentar di bawah ini.



Simak Video "Pemerintah Beri Subsidi Harga Motor Listrik, Siapa yang Untung?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT