Pabrik ALVA di Cikarang Diklaim Bisa Produksi 100 Ribu Motor Listrik Setahun

ADVERTISEMENT

Pabrik ALVA di Cikarang Diklaim Bisa Produksi 100 Ribu Motor Listrik Setahun

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Kamis, 01 Des 2022 10:35 WIB
Skuter listrik Alva One
Pabrik ALVA di Cikarang punya kapasitas produksi 100 ribu unit per tahun! Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

PT Ilectra Motor Group atau IMG selaku produsen motor listrik ALVA telah memiliki pabrik perakitan (CKD) di kawasan Cikarang, Jawa Barat. Menurut mereka, fasilitas tersebut sudah beroperasi penuh untuk melayani permintaan tinggi pembeli.

Presiden Direktur IMG, Purbaja Pantja mengklaim, pabrik perakitan ALVA di Cikarang mampu memproduksi 100 ribu unit motor listrik per tahun. Bukan tak mungkin, ke depannya, kapasitas tersebut bisa lebih ditingkatkan.

"Kami sudah mass production di Cikarang dengan kapasitas produksi 100 ribu unit setahun. Saya harap kami bisa meningkatkan lagi kinerja ALVA ke depannya. Ini juga merupakan upaya kami mendukung pemerintah menuju zero emission," ujar Purbaja di SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (30/11/2022).

Ilectra Motor Group Resmi Membuka ALVA Experience di SCBD, Jakarta.Ilectra Motor Group Resmi Membuka ALVA Experience di SCBD, Jakarta. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com

Di tempat yang sama, Chief Business Officer PT IMG, Putu Swaditya Yudha memastikan, saat ini pabrik perakitan ALVA di Cikarang sudah beroperasi penuh dengan sistem shift. Namun, saat ditanya berapa kandungan lokal kendaraan yang dirakit, dia belum bisa bicara banyak.

"Kalau kandungan lokal kami masih berproses. Tapi sesuai janji kami di GIIAS 2022, kami akan memenuhi target pemerintah minimum 40 persen," ungkapnya.

First Handover ALVA One.First Handover ALVA One. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com

Diketahui, saat ini, ALVA baru menjual satu model motor listrik, yakni ALVA One. Menurut Putu, sejak dikenalkan tiga bulan lalu hingga hari ini, produk tersebut sudah terjual ribuan unit di Indonesia.

"Soal jumlah pemesan, maaf kami tidak bisa bocorkan berapa detailnya. Tapi yang jelas sudah empat digit unit sejak diluncurkan Agustus lalu," kata dia.

ALVA Bangun Experience Center Megah di Jakarta

Selain telah membangun pabrik di Cikarang, ALVA juga mendirikan experience center megah di kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

ALVA Experience Center dibangun melalui konsep berbeda yang ditujukan untuk kalangan muda di wilayah perkotaan. Menariknya, interior bangunan tersebut dibuat cukup mewah dan nyaman layaknya hotel berbintang. Bahkan, ruang tunggu untuk mereka yang tengah menyervis kendaraannya dirancang layaknya co-working space.

ALVA Experience Center di Jakarta. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto.ALVA Experience Center di Jakarta. Foto: Septian Farhan Nurhuda

Tak hanya itu, ALVA Experience Center juga menyediakan coffee shop untuk mereka yang ingin membeli kopi dan camilan. Di setiap sudutnya terdapat ruang bersantai yang ditata dengan rapi dan nyaman. Bahkan, mereka juga menyiapkan proyektor interaktif besar untuk melihat produk ALVA secara detail.

Saat ini, ALVA Experience Center sudah melayani penjualan dan perbaikan kendaraan. Selain itu, fasilitas tersebut juga menyediakan charging station gratis dan unit test ride. Berikutnya, mereka berjanji akan mendirikan Experience Center lain di beberapa kota di Indonesia.



Simak Video "Motor Listrik ALVA One Buatan RI, Berapa Banyak Komponen Lokalnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT