Lagi Naik Motor Enggak Sengaja Masuk Tol, Harus Gimana?

ADVERTISEMENT

Lagi Naik Motor Enggak Sengaja Masuk Tol, Harus Gimana?

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 24 Nov 2022 18:14 WIB
Pengendara motor nekat masuk tol Solo-Sragen.
Ilustrasi motor masuk tol. Foto: dok FB Dedy Endriyatno
Jakarta -

Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan yang dilarang melintas di jalan tol. Namun di ruas tol tertentu motor diperbolehkan lewat karena ada jalur khusus dan dipisahkan oleh pembatas. Untuk mencegah pemotor masuk tol, pengelola pun sudah memasang rambu motor dilarang masuk di setiap akses menuju jalan tol.

Pada kenyataannya, beberapa kali ada pemotor yang masih nyasar masuk ke jalan tol. Bukan cuma itu, pemotor ini kebanyakan tancap gas dan beberapa kali terlihat nekat kebut-kebutan bersama dengan mobil. Padahal itu jelas membahayakan lantaran jalan tol didesain untuk kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Bagi kamu yang tengah naik motor dan tidak sengaja masuk ke jalan tol, sebaiknya tidak langsung tancap gas. Laman Jasa Marga menjelaskan agar kamu menepi di bahu jalan dan menghubungi petugas pengelola tol.

"Segera berhenti di bahu jalan, hubungi 14080, dan tunggu petugas datang untuk mengevakuasi," jelas Jasa Marga.

Ya, jalan tol memang hanya diperuntukkan untuk kendaraan roda empat atau lebih. Adapun larangan motor masuk tol juga tertuang dalam Peraturan Pemerintah nomor 44 tahun 2009 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No 15 tahun 2005 pasal 38 ayat 1.

"Jalan tol diperuntukkan bagi pengguna yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih," begitu bunyi aturannya.

Ada dua alasan kuat di balik pelarangan motor masuk tol. Pertama jalan tol mempunyai spesifikasi rancang bangun yang ditujukan untuk kendaraan roda empat atau lebih. Kedua motor yang melaju di tol dapat membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lain.

Bagi para pemotor, untuk menghindari nyasar masuk tol ada baiknya memahami rute menuju tempat tujuan. Bila menggunakan aplikasi penunjuk jalan, jangan lupa untuk memilih ikon kendaraan roda dua. Tidak lupa tetap berkonsentrasi dan memperhatikan rambu-rambu lalu lintas di sekitar jalan.



Simak Video "Tak Hanya Bahaya, Ternyata Ini Alasan Motor Dilarang Masuk Jalan Tol"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT