Honda Rilis Motor Scrambler CL500, Begini Tampangnya

ADVERTISEMENT

Honda Rilis Motor Scrambler CL500, Begini Tampangnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 09 Nov 2022 18:25 WIB
Motor Scrambler Honda CL500
Motor Scrambler Honda CL500 (Foto: Dok. Honda)
Jakarta -

Honda meluncurkan motor bergaya scrambler di EICMA Milan, Italia. Motor scrambler Honda itu namanya Honda CL500. Honda mengklaim, motor ini sangat mudah dikendarai di berbagai situasi.

Tampilan klasik menghiasi motor scrambler Honda CL500. Itu terlihat dari bentuk tangki bahan bakar yang bulat serta knalpot tinggi khas motor scrambler lengkap dengan pelindungnya. Tank pad, karet yang terpasang di suspensi depan, jok kulit yang empuk dengan logo Honda timbul, serta setang tinggi berpadu menciptakan tampilan yang menarik.

Motor ini punya tinggi jok 790 mm. Jok yang ramping membuat rider-nya lebih mudah memijakkan kaki ke tanah. Setang yang tinggi tidak hanya membuat tampilannya menarik, tapi juga memberikan pegangan yang baik saat rider duduk maupun berdiri.

Motor Scrambler Honda CL500Motor Scrambler Honda CL500 Foto: Dok. Honda

Lampu depannya berbentuk bulat berdiameter 175 mm. Meski berbentuk bulat yang membuatnya tampil klasik, namun Honda menyematkan empat lampu LED di depan. Lampu sein juga pakai LED yang melingkar kecil berdiameter 55 mm. Lampu belakang LED pun dibuat tipis berbentuk oval.

Bentuk klasik juga diwakili layar instrumen bulat berdiameter 100 mm, meski tampilannya sudah modern dengan LCD negatif. Penyampaian informasi yang sederhana dan rapi mencakup indikator posisi gigi, konsumsi bahan bakar, dan panah indikator individual.

Motor Scrambler Honda CL500Motor Scrambler Honda CL500 Foto: Dok. Honda

Fitur-fitur andalan Honda CL500 lainnya adalah Emergency Stop Signal (ESS). Fitur ini berfungsi untuk mengedipkan lampu hazard untuk memperingatkan pengguna jalan di belakang jika rider melakukan pengereman darurat.

Honda CL500 punya tangki bahan bakar 12 liter. Dengan konsumsi bahan bakar yang mencapai 27,7 km/liter, motor ini bisa melaju sejauh 300 km sekali full tank.

Honda CL500 menggunakan basis yang sama dengan CMX500 Rebel. Motor ini dibekali mesin 471cc 8-katup, berpendingin cairan paralel twin-silinder. Namun, untuk CL500, fitur pemetaan injeksi bahan bakar PGM-FI dan pengaturan intake serta knalpot baru diperbarui. Hasilnya, motor ini bisa menghasilkan torsi 43,4Nm @ 6.250rpm dan tenaga puncak 45,9 daya kuda @ 8.500rpm.

Motor Scrambler Honda CL500Motor Scrambler Honda CL500 Foto: Dok. Honda

Honda CL500 juga menggunakan sproket belakang dengan 41 gigi, berbeda dengan Rebel yang pakai 40 gigi. Gigi yang lebih banyak itu berfungsi untuk akselerasi yang lebih tajam.

Honda CL500 menggunakan rangka utama teralis baja tubular. Suspensi long-travel terdiri dari garpu teleskopik 41mm dan shock belakang yang dapat disesuaikan. Motor ini dibekali roda depan 19 inci dan belakang 17 inci memakai ban pola blok yang membuatnya siap menjelajah segala medan.

Rem depan dan belakang memiliki fitur modulasi ABS yang secara khusus diseimbangkan untuk performa di berbagai permukaan, termasuk off-road ringan.



Simak Video "Tantang Palisade, Ini Wujud SUV Besar yang Disiapkan Honda"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT