Ini Evaluasi AHM Setelah PCX Electric Dijadikan Armada Ojek Online

ADVERTISEMENT

Ini Evaluasi AHM Setelah PCX Electric Dijadikan Armada Ojek Online

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 06 Nov 2022 20:07 WIB
PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja melahirkan secara resmi motor listrik pertamanya, PCX Electric. Namun sayang, motor belum dijual untuk khalayak ramai.
Honda PCX Electric. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

PCX Electric merupakan jagoan Honda di segmen kendaraan listrik. Hadir dari 2019 lalu, skutik ramah lingkungan ini baru sebatas disewakan untuk pasar fleet seperti layanan transportasi daring, Gojek. Seperti apa evaluasinya?

Selama 3,5 tahun terakhir setelah peluncuran PCX Electric, PT Astra Honda Motor (AHM) telah mengembangkan studi bersama berbagai pihak dalam ekosistem sepeda motor listrik serta menawarkan skema bisnis penyewaan kepada perusahaan dalam mendukung operasional bisnis di berbagai lini.

Sejak diluncurkan 2019 lalu, skutik PCX Electric langsung dijadikan armada Gojek. Hal ini dilakukan Gojek dalam rangka mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan motor listrik sebagai layanan transportasi masyarakat. Seperti diketahui di masa depan kendaraan-kendaraan yang dijual di Indonesia menuju era elektrifikasi.

Direktur Pemasaran AHM, Thomas Wijaya mengatakan, sejauh ini para driver Gojek yang telah mencoba PCX Electric, mendapatkan experience mengendarai motor listrik yang feeling-nya sama seperti mengendarai motor konvensional.

"Mereka sih sangat positif. Cukup nyaman ya. Jadi penggunaannya secara habit riding-nya nggak beda jauh dengan bensin. Nah itu yang kita lihat cukup positif," kata Thomas kepada wartawan di Jakarta (2/11/2022).

Meski begitu, masih ada beberapa aspek lain yang perlu diperbaiki. Misalnya dari segi performa.

"Cuma soal jarak dan speed, itu yang perlu ditingkatkan. Dengan masukan itu, kan ini sudah pakai teknologi yang di-upgrade ya nantinya di tahun depan. Nah harapannya jarak bisa lebih diperpanjang, termasuk top speednya bisa bertambah," terang Thomas.

Selain digunakan buat armada ojek online, AHM juga turut mendukung program pemerintah Indonesia dalam percepatan elektrifikasi kendaraan bermotor melalui partisipasinya dalam rangkaian acara Presidensi G20 Bali melalui bantuan 25 unit Honda PCX Electric sebagai motor operasional selama kegiatan The 3rd Trade, Investment, and Industry Working Group Meeting and Ministerial Meeting hingga puncak acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Presidensi G20 yang akan berlangsung di Bali pada 15-16 November 2022.



Simak Video "Pemerintah Beri Subsidi Harga Motor Listrik, Siapa yang Untung?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT