Selamat Tinggal! Yamaha Jupiter MX 150 Resmi Disuntik Mati

ADVERTISEMENT

Selamat Tinggal! Yamaha Jupiter MX 150 Resmi Disuntik Mati

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Minggu, 06 Nov 2022 07:00 WIB
Jupiter MX 150.
Jupiter MX 150 Resmi Disuntik Mati. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com
Jakarta -

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing atau YIMM resmi menghentikan produksi Yamaha Jupiter MX 150 di Tanah Air. Itu tandanya, mereka kini hanya fokus memasarkan MX King 150 di segmen bebek kencang.

Kepastian Yamaha menghentikan produksi Jupiter MX turut dibenarkan Asst GM Marketing YIMM, Antonius Widiantoro di pameran Indonesia Motorcycles Show atau IMOS 2022. Dia mengatakan, produk ikonik tersebut memang sudah dihentikan produksinya, namun bukan berarti tak dijual lagi.

"Iya, Jupiter MX sudah discontinue. Motornya sudah berhenti produksi, tapi bukan berarti berhenti dijual," ujar Anton saat menjawab pertanyaan detikOto, Sabtu (5/11/2022).

Saat detikOto telusuri di laman resmi Yamaha Indonesia, Jupiter MX 150 memang telah menghilang dari daftar produk yang tersedia. Anton menekankan, keputusan pihaknya menyetop produksi kendaraan tersebut bukan karena gagal atau tak laris, melainkan perlu adanya inovasi.

"Tapi sekali lagi, discontinue itu merupakan hal yang biasa. Kalau ada motor yang discontinue, bukan berarti produk tersebut gagal atau gimana. Tapi memang perlu adanya perubahan atau inovasi," tegasnya.

Yamaha Jupiter MX 150Yamaha Jupiter MX 150 Foto: dok. Yamaha

Jupiter MX pertama kali masuk Indonesia pada pertengahan 2005 lalu. Pada masanya, motor tersebut digemari anak muda yang hobi kebut-kebutan. Keberadaannya bahkan sempat menjadi pesaing ketat Suzuki Satria F yang muncul lebih awal.

Sepanjang perjalanannya di pasar Indonesia, Jupiter MX sudah beberapa kali mendapat pembaruan, mulai dari mesinnya masih 135 cc hingga 150 cc. Setelah kemunculan MX King, praktis Jupiter MX tak pernah lagi mendapat pembaruan besar, kecuali ubahan di bagian grafis dan warna.

Menjelang disuntik mati, Jupiter MX 150 juga mulai jarang dipromosikan Yamaha. Kini, pabrikan berlogo garpu tala itu hanya menyisakan tiga produk di segmen motor bebek, yakni MX-King, Jupiter Z1 dan Vega Force.



Simak Video "Target Yamaha: 2050 Semua Beralih ke Motor Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT