Mio S Jadi Motor Matik Ketiga Yamaha yang Disuntik Mati Tahun Ini

ADVERTISEMENT

Mio S Jadi Motor Matik Ketiga Yamaha yang Disuntik Mati Tahun Ini

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Jumat, 28 Okt 2022 09:12 WIB
Yamaha meluncurkan Mio Reborn di Jakarta, Sabtu (14/10/2017). Tidak hanya tampilannya yang berubah, beberapa fitur telah disematkan Yamaha untuk menyempurnakan motor skutik yang dinamai Mio S Tubless & Ban Lebar tersebut.
Yamaha Mio S jadi skutik ketiga Yamaha yang disuntik mati tahun ini. (Foto: Ruly Kurniawan/detikoto)
Jakarta -

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing atau YIMM resmi menghentikan penjualan Yamaha Mio S di Tanah Air. Kendaraan tersebut menjadi skuter matik ketiga pabrikan yang disuntik mati tahun ini.

Sebelum Mio S, Yamaha Indonesia lebih dulu menghentikan penjualan Soul GT pada bulan Juni dan Mio Z dua bulan setelahnya. Menariknya, ketiga motor tersebut sama-sama bermesin 125 cc dan berasal dari kelas pemula atau entry level.

Praktis, kini motor matik entry level Yamaha hanya menyisakan beberapa model saja, seperti Mio M3, GEAR, X-ride, Fino, dan Fazzio. Meski demikian, Manager Public Relation PT YIMM, Antonius Widiantoro beranggapan, penyuntikan mati produk merupakan hal biasa di industri roda dua Indonesia.

"Jadi perubahan produk, mengganti produk, atau mengeluarkan produk baru itu bagian dari inovasi dan jawaban atas kebutuhan konsumen," ujar Anton, dikutip Kamis (27/10/2022).

Yamaha luncurkan Mio Z dengan warna terbaru.Yamaha Mio Z. Foto: Khairul Imam Ghozali

Khusus untuk Yamaha Mio S, Anton memastikan, motor tersebut disuntik matik bukan karena tak laku. Hingga menjelang penghentian produksi, unitnya masih diminati banyak konsumen. Hanya saja, kata dia, inovasi harus tetap ada.

"Itu wajar sekali, umum sekali, kan enggak semata-mata ada produk yang discontinue, kemudian produk itu dicap gagal, enggak seperti itu, karena perubahan itu tetap ada," ungkapnya.

Yamaha Mio S kelahiran 2019Yamaha Mio S kelahiran 2019 Foto: dok. Yamaha Indonesia

Usai 'kehilangan' tiga motor matiknya tahun ini, Yamaha kemungkinan besar akan meluncurkan produk baru di segmen tersebut. Namun, Anton belum bisa banyak bicara mengenai rencana tersebut.

Meski demikian, yang jelas, seluruh produk Yamaha yang dijual di Indonesia harus sesuai dengan kebutuhan dan minat konsumen di dalam negeri.

"Ada model baru? Saya tidak bisa bilang tidak, Yamaha akan selalu mengeluarkan produk baru. Tetapi apakah produk itu Mio atau produk yang lain, itu bagian dari strategi dan inovasi perusahaan untuk mendapatkan perhatian konsumen," lugas Anton.



Simak Video "Dijual Mulai Rp 27 Juta, Ini Wujud Cantik Yamaha Grand Filano"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT