Motor Listrik Gesits Diborong BUMN!

ADVERTISEMENT

Motor Listrik Gesits Diborong BUMN!

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 19 Okt 2022 20:15 WIB
Motor Gesits jadi operasional motor operasional pemerintah Kabupaten Aceh.
Gesits Foto: dok. PT WIKA Industri Manufaktur
Jakarta -

PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) produsen motor listrik Gesits menjalin kerja sama dengan tujuh BUMN dalam rangka mendukung percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Lingkungan Grup Perusahaan BUMN.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) ini dilakukan antara PT WIKA Industri Manufaktur dengan PT Pertamina (Persero), PT PLN (Persero), MIND ID, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), PT Jasa Marga (Persero) dan PT Pupuk Indonesia (Persero) pada acara State Owned Enterprise (SOE) International Conference 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) Selasa, (18/10).

Direktur Utama PT WIKA Industri Manufaktur [WIMA], M. Samyarto mengatakan Kerjasama ini merupakan wujud nyata komitmen BUMN dalam mendukung komitmen Pemerintah untuk mempercepat program penggunaan Sepeda Motor Listrik.

"Kerja sama ini merupakan bentuk sinergi BUMN dalam mendorong dan mendukung komitmen Indonesia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca serta wujud nyata mendukung program transisi energi bersih di Indonesia dan net-zero emisi pada tahun 2060 mendatang." Ujar Samyarto

WIMA selaku principal Sepeda Motor Listrik GESITS berkomitmen untuk memasok kebutuhan kendaraan listrik yang nantinya akan digunakan sebagai kendaraan operasional dan kendaraan dinas BUMN. Selain itu, WIMA juga akan terus mendukung dan bekerjasama dalam mengembangkan Ekosistem EV di Indonesia.

Samyarto berharap melalui kerjasama ini dapat membantu percepatan program sepeda motor listrik untuk mendukung kemandirian energi nasional dan net zero emisi pada tahun 2060. Hal ini juga mencerminkan komitmen BUMN terhadap Presidensi G20 pada tahun 2022.

PT Pupuk Indonesia (Persero) salah satu BUMN yang sudah memesan kendaraan listrik Gesits. Pupuk Indonesia akan memesan 500 unit Gesits secara bertahap.

"Pupuk Indonesia sebagai BUMN mendukung percepatan KLBB, kami melalui PT Petrokimia Gresik selaku anak perusahaan telah menggunakan 150 unit sepeda motor listrik GESITS yang dipakai sebagai kendaraan operasional," ungkap Bakir dalam keterangannya, dikutip Rabu (19/10/2022).

Spek Gesits

Gesits saat ini memiliki 162 komponen dengan 85% komponen diproduksi di dalam negeri. Untuk Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Gesits saat ini sebesar 46,73%.

Gesits dilengkapi motor listrik dengan tenaga puncak 5 kW dan menggunakan baterai Lithium NCM berkapasitas 1.44 KWh untuk 1 baterai dan dapat digunakan dengan 2 baterai sehingga dapat berjalan hingga 100 kilometer per satu kali pengisian daya. Waktu pengisian daya antara 3 hingga 4 jam, dengan 30 min pertama dapat menempuh jarak 10 Km.

GESITS memiliki fitur double disk brake, transmisi pulley, suspensi belakang monoshock, LED Daytime Running Lights, HID Projector Head Lamps. Selain itu, GESITS juga dilengkapi dengan digital dashboard yang dapat terkoneksi dengan ponsel pengendara.



Simak Video "Ini Wujud Gesits Made In Cileungsi yang Diekspor Sampai Afrika"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT