Buat yang Penasaran, Ini Kepanjangan 'CBR' di Motor Honda

ADVERTISEMENT

Buat yang Penasaran, Ini Kepanjangan 'CBR' di Motor Honda

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Jumat, 30 Sep 2022 20:53 WIB
Jakarta -

Produsen roda dua pasti memiliki alasan tertentu saat menamakan produk yang hendak dijual ke pasaran. Biasanya, nama tersebut berupa singkatan yang kepanjangannya mewakili desain, fungsi atau karakter kendaraan. Lalu, apa kepanjangan CBR di motor Honda?

Sejak pertama masuk Indonesia, Honda CBR-series langsung menjadi buruan konsumen-konsumen muda. Sebab, selain mengusung desain sporty yang kental, harga motor tersebut juga terbilang menarik.

Meski mahsyur di Indonesia, namun belum banyak yang tahu arti atau kepanjangan kata 'CBR' di motor Honda. Biar tak penasaran, yuk simak artikel ini sampai tuntas, detikers!

Kepanjangan CBR di Motor Honda

Disitat dari laman Autoevolution, Jumat (30/9/2022), sebenarnya kepanjangan CBR di motor Honda masih terus diperdebatkan. Sebab, Honda Global tak pernah memberikan keterangan secara resmi.

Banyak orang beranggapan, CBR merupakan kependekan dari Commuter Bike Racer, namun tak sedikit juga yang mengira CBR mengacu pada Closed Body Racer. Tak berhenti di situ, sejumlah penggemar motor sport berpendapat, CBR sebenarnya Cross Beam Race, lantaran mesinnya yang ditempatkan di seluruh bingkai balok.

PT Astra Honda Motor resmi meluncurkan Honda CBR250RR baru di Indonesia. Motor sport tersebut diluncurkan di fasilitas produksi AHM, Karawang, Jawa Barat.PT Astra Honda Motor resmi meluncurkan Honda CBR250RR baru di Indonesia. Motor sport tersebut diluncurkan di fasilitas produksi AHM, Karawang, Jawa Barat. Foto: Grandyos Zafna

Meski demikian, belakangan kepanjangan CBR mulai mengerucut. Bukan Commuter Bike Racer, Closed Body Racer atau Cross Beam Race, melainkan City Bike Racing. Kepanjangan tersebut yang kemudian banyak diyakini orang hingga sekarang.

Lebih jauh, laman Honda-Tech pernah mengatakan, kakek moyang CBR yang bernama CB memiliki kepanjangan City Bike. Penambahan huruf 'R' di belakang memiliki arti 'racing', lantaran motor tersebut secara desain lebih balap dibandingkan pendahulunya.

Selain CBR, nama pada motor-motor sport yang dibuat pabrikan lain juga memiliki kepanjangan dan arti yang unik. Misalnya, GSX-R yang merupakan kependekan dari Grand Sport eXperimental dan YZF yang memiliki kepanjangan Yamaha Zinger Fourstroke atau motor Yamaha bermesin 4-tak.

(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT