ADVERTISEMENT

Motor Listrik Charged Rimba Meluncur di Indonesia, Jago Diajak Membelah Hutan

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Selasa, 27 Sep 2022 12:21 WIB
Jakarta -

PT Charged Tech Indonesia resmi meluncurkan motor listrik baru bernama Charged Rimba di Tanah Air. Motor yang konon menggunakan teknologi Vmoto Soco Group tersebut dihadirkan khusus untuk para penjaga hutan di kawasan Malang, Jawa Timur.

Chief Commercial Office atau CCO PT Charged Tech Indonesia, Stephanus Widi mengatakan, Charged Rimba merupakan motor listrik kolaborasi pihaknya dengan organisasi konservasi hutan dan satwa liar PROFAUNA Indonesia. Kendaraan tersebut nantinya digunakan sebagai motor patroli di wilayah perhutanan.

"Charged Indonesia beraspirasi untuk menjadi bagian penting dalam pengembangan sustainabilitas di Indonesia, bersama dengan PROFAUNA kami memulai perjalanan ini dengan mendukung local heroes penggerak konservasi flora dan fauna," ujar Stephanus, dikutip Selasa (27/9/2022).

"Kami percaya akan misi kami dalam pengembangan transportasi ramah lingkungan dan mengajak semua orang untuk ikut menjadi bagian demi membangun masa depan lingkungan yang lebih baik," tambahnya.

Charged Rimba memang berbeda dengan motor listrik pada umumnya. Kendaraan tersebut didesain sebagai tunggangan penjelajah dengan rangka kokoh dan pelindung besi di sejumlah bagian. Sementara ground clearance-nya dibuat tinggi dengan jarak sekira 250 mm dari permukaan tanah.

Motor Listrik Perambah Hutan Charged RimbaMotor Listrik Perambah Hutan Charged Rimba Foto: Dok. Charged Tech Indonesia

Di beberapa bagian, motor tersebut juga disesuaikan untuk keperluan khusus di medan berat seperti hutan, misalnya penyematan fog lamp, flexible mudguard yang antipatah, serta ruang tambahan untuk membawa barang-barang berat dan baterai cadangan.

PT Charged Tech Indonesia mengklaim, Charged Rimba menggunakan teknologi milik Vmoto yang merupakan produsen roda dua terbesar di China. Itulah mengapa, dari segi fitur, kendaraan itu terbilang canggih.

Kita bisa menemukan fitur-fitur seperti panel instrumen full digital dengan informasi super lengkap, tiga mode berkendara, sistem nirkunci pintar (smart keyless), navigasi dan penunjuk posisi, konektivitas smartphone, serta masih banyak lagi. Sementara untuk baterai tersedia tiga unit dengan total jangkauan maksimum sekira 300 kilometer.

Sayangnya, mereka tak menyebutkan secara pasti, berapa tenaga atau kecepatan puncak yang bisa dihasilkan penggerak listrik di motor baru tersebut.

"Merupakan sebuah kegembiraan luar biasa bagi kami untuk dapat bermitra dengan Charged Indonesia dan PROFAUNA Indonesia dalam meluncurkan Rimba, kendaraan listrik yang dirancang khusus untuk memenuhi misi konservasi dan melindungi kesakralan lingkungan alam kita," kata CEO Vmoto Limited, Charles Chen.

Charged Rimba merupakan motor yang secara khusus memang didedikasikan untuk kegiatan satwa di hutan Malang. Itulah mengapa, untuk sekarang, kendaraan penakluk berbagai medan tersebut tak dijual bebas ke konsumen di Indonesia.

(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT