Wuih, Honda Buka Peluang Jual Motor Sport 250 Cc 4 Silinder di Indonesia

ADVERTISEMENT

Wuih, Honda Buka Peluang Jual Motor Sport 250 Cc 4 Silinder di Indonesia

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Sabtu, 24 Sep 2022 09:33 WIB
PT Astra Honda Motor resmi meluncurkan Honda CBR250RR baru di Indonesia. Motor sport tersebut diluncurkan di fasilitas produksi AHM, Karawang, Jawa Barat.
Foto: Honda CBR250RR Terbaru (Grandyos Zafna/detikcom)
Karawang -

Sejak tahun lalu, Honda disebut-sebut akan mengikuti langkah Kawasaki dengan meluncurkan motor sport 250 cc bersilinder empat. Namun, hingga sekarang, kabar tersebut tak pernah benar-benar terwujud.

Menurut sejumlah pemberitaan di dalam dan luar negeri, motor sport tersebut akan hadir dalam wujud Honda CBR250RR empat silinder. Namun, faktanya, model terbaru yang muncul di Indonesia hadir dengan spesifikasi dua silinder.

Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya mengatakan, sebelum meluncurkan produk baru, perusahaan roda dua lebih dulu melakukan riset terkait minat pasar. Menurutnya, saat ini konsumen di Indonesia lebih menyenangi motor sport 250cc dengan konfigurasi 2 silinder.

"Nah, kalau kita lihat sih sampai hari ini pasarnya memang masih di segmen yang sekarang (250 cc dua silinder)," ujar Thomas di Karawang, Jawa Barat, belum lama ini.

Meski demikian, Thomas tak menutup kemungkinan menjual motor sport 250cc empat silinder di Indonesia. Namun, saat ditanya kapan, dia hanya bisa mengatakan tergantung permintaan pasar.

"Tapi sekali lagi, kita tidak menutup kemungkinan kalau perkembangan pasar ke depannya butuh motor sport 250 cc empat silinder, kita akan terbuka untuk opsi itu. Tapi kita lihat, pasar dan konsumen masih banyak di segmen sekarang (sport 250cc dua silinder)," tuturnya.

Diketahui, Honda sebenarnya pernah memiliki motor sport 250cc empat silinder di masa lalu, yakni Honda CBR250RR MC22. Kendaraan kencang tersebut hanya dijual di Jepang pada periode 1990 hingga 1996 silam.

Kala itu, Honda CBR250RR MC22 menggunakan mesin 249 cc empat silinder DOHC dengan sistem pengabutan karburator Keihin 29 mm. Spesifikasi tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga 45 dk dan torsi puncak 23.5 Nm.

Namun, empat tahun sejak pertama diluncurkan, spesifikasi CBR250RR MC22 mendapat sedikit revisi. Tenaga mesinnya diturunkan menjadi hanya 40 dk demi mengikuti aturan yang berlaku di Jepang.

Nah, jadi detikers setuju tidak, nih, kalau Honda kembali melahirkan motor sport 250cc empat silinder dan dijual massal di Indonesia?



Simak Video "Ini Dampak Motor Diisi Bensin yang Terlalu Tinggi RON-nya"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT