ADVERTISEMENT

Ini Suzuki Hayabusa GP Edition, Bagaimana, Keren Gak?

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 02 Sep 2022 16:45 WIB
Hayabusa ala MotoGP
Suzuki Hayabusa ala MotoGP Foto: doc. Suzuki/Visordown
Jakarta -

Suzuki boleh jadi telah menyatakan mundur dari persaingan MotoGP. Meski demikian Suzuki coba tetap menggoda para pecinta motor besarnya nih, dengan membalut Suzuki Hayabusa dengan striping ala MotoGP.

Dikutip Visordown, Suzuki memperkenalkan 2 Suzuki Hayabusa GP Edition di Turin, Italia. Dijelaskan setelah kabar mengejutkan tidak lagi bermain di MotoGP, Suzuki memperkenalkan desain MotoGP Ecstar.

Kedua Suzuki Hayabusa ala MotoGP ini akan diperkenalkan pada festival Autolook Week Torino di Turin pada 7-11 September beberapa hari setelah penutupan MotoGP San Marino di Misano.

Selain itu Suzuki juga dikatakan akan memperlihatkan dua Suzuki RG500 yang memenangkan gelar, yang masing-masing memenangkan kejuaraan 500GP pada tahun 1982 dan 1981 yang dikendarai oleh Franco Uncini dan Marco Lucchinelli.

Sebagai catatan Suzuki Hayabusa yang kerap disapa Suzuki GSX1300R ini adalah motor hyper sport dari Suzuki yang telah diperkenalkan sejak pada tahun 1999.

Sebagai catatan Suzuki Hayabusa saat ini menggendong mesin 1.340 cc, dan telah mengubah ruang bakar sehingga lebih sempurna.

Hayabusa ala MotoGPHayabusa ala MotoGP Foto: doc. Suzuki/Visordown

Meskipun bagian dasar rangka telah mengikuti model sebelumnya, suspensi dan rem depan dan belakang telah ditingkatkan. Motor ini juga sudah terkonfigurasi katup Dohc yang diklaim bertenaga dan mampu untuk dikendarai berkeliling dunia.

Mengenai fiturnya, Suzuki mengusung sejumlah teknologi yang disematkan pada Hayabusa terbaru. Seperti hadirnya layar TFT untuk kluster instrumen, 10 mode kontrol traksi, ABS, tiga pilihan mode berkendara, cruise control, hill-hold control, hingga inertial measurement unit (IMU) enam sumbu.

Soal dapur pacunya, Suzuki Hayabusa dibekali mesin berkapasitas 1.340 cc empat silinder segaris. Motor ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 187 hp pada 9.700 rpm serta torsi puncak di angka 150 Nm pada 7.000 rpm.

Mesin tersebut digabungkan ke gearbox enam kecepatan dengan quickshifter dua arah untuk perpindahan gigi tanpa kopling. Selain itu ada pula teknologi ride-by-wire untuk respons throttle yang tepat.



Simak Video "Dijual Rp 300 Jutaan, Suzuki Hayabusa Laku 100 Unit dalam 1 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT