ADVERTISEMENT

Viral Moge Harley Isi Pertalite, Pertamina Bilang Begini

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 02 Sep 2022 09:48 WIB
PT Pertamina (Persero) sudah siap untuk menjual produk bensin terbarunya yakni Pertalite. Bensin RON 90 ini akan dijual pertamakali di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta pada Jumat (24/7/2015) mendatang. Petugas beraktivitas di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta, Selasa (21/7/2015). Pada Jumat (24/7/2015) mendatang, SPBU ini siap menjual Pertalite RON 90.  Hasan Al Habshy/detikcom.
Pertalite bakal dibatasi, namun ada motor Harley-Davidson mengisi BBM subsidi tersebut. (Foto: Hasan Al Habshy)
Jakarta -

Di tengah ramai soal kabar kenaikan BBM subsidi, moge Harley-Davidson kedapatan mengisi Pertalite di salah satu SPBU Pertamina. Dalam video yang diunggah akun TikTok kenzie_alby, terlihat pengendara Harley itu tengah mengantre isi Pertalite bersama dengan motor lainnya.

"Izin post om. semoga yang punya motor ini liat vidionya," tulis sang pemilik akun.

@kenzie_alby

♬ suara asli - KENZIE

Video yang sudah dilihat nyaris 80.000 kali itu pun menuai ragam komentar. Banyak yang justru berpikir bahwa motor Harley yang digunakan memang mungkin lebih cocok menggunakan BBM RON rendah seperti Pertalite.

Tapi tidak sedikit juga yang justru menyayangkan perilaku pengendara Harley itu. Dengan banderol harga miliaran, moge Harley dianggap lebih tepat mengkonsumsi BBM nonsubsidi sekelas Pertamax series. Terlebih, dalam catatan Pertamina BBM bersubsidi kebanyakan justru dikonsumsi oleh orang kaya.

"maaf..Harley memang lebih bagus diisi BBM oktan rendah..mesin tidak cepat panas.." tulis seorang warganet.

"jangan ditelan mentah-mentah, tentunya owner yang tau 'kebutuhan' motornya, mungkin kompresi mesinnya cocok menggunakan Pertalite" timpal warganet lainnya.

"keknya motor boleh pinjem dari temen tuh, motor keren ngebensinin pertulit," sahut warganet lainnya.


Menanggapi hal itu, Area Manager Communication Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan mengimbau agar konsumen senantiasa mengisi BBM sesuai dengan peruntukkan mesin kendaraan.

"Untuk mesin kendaraan sudah ada ketentuan atau rekomendasi dari pabrikannya terkait dengan jenis bahan bakar yang sebaiknya digunakan yang dapat dilihat dari manual book, termasuk motor Harley. Kami menghimbau agar masyarakat selalu menggunakan bahan bakar berkualitas, ramah lingkungan dan tentunya yang sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan agar performa mesin tetap prima dan awet," kata Eko dikonfirmasi detikcom, Jumat (2/9/2022).

Adapun moge Harley-Davidson yang ada pada video ditaksir adalah model Road King. Mengutip laman Web Bike World, Harley-Davidson Road King itu memiliki rasio kompresi mesin 10.0:1. Dengan rasio kompresi mesin segitu, maka Harley-Davidson Road King memang masih bisa menggunakan Pertalite. Perlu diketahui, Pertalite cocok untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 9:1-10:1.



Simak Video "Sudah Jalan 2 Bulan, Berapa Banyak Masyarakat yang Daftar MyPertamina?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT