ADVERTISEMENT

Berita Terpopuler Kemarin

Heboh Beli Motor Honda PCX Dipaksa Kredit

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 01 Sep 2022 10:51 WIB
PT Astra Honda Motor (AHM) juga tidak mau kalah menampilkan deretan motor teranyar di IIMS Hybrid 2021. Penasaran?
Ilustrasi penjualan sepeda motor Honda (Foto: Grandyos Zafna/detikOto)
Jakarta -

Ramai di media sosial, konsumen curhat hendak meminang sepeda motor Honda PCX secara tunai tapi malah diarahkan pembelian motor secara kredit. Sales bilang aturannya dari pusat, pembelian kredit lebih diutamakan.

Konsumen ini membuat surat pembaca ke Media Konsumen pada 26 Agustus lalu, hingga potongan artikelnya diunggah oleh akun Twitter @txtdaribrand. Disebutkan jika tidak melakukan pembelian secara kredit, unit diberikan ke konsumen lain yang membelinya dengan cara mencicil.

Konsumen itu menuturkan dealer yang berlokasi di wilayah Semarang itu mengutamakan yang kredit. Peristiwa tersebut menjadi viral di media sosial. Keluhan konsumen itu ditangani oleh dealer yang bersangkutan dan diklaim permasalahan ini sudah ditangani dengan baik.

Berkaca dari permasalahan tersebut, pihak PT Astra Honda Motor menegaskan pembelian sepeda motor Honda baik secara cash ataupun kredit mendapatkan perlakuan yang sama.

"Dari AHM tidak ada kebijakan yang membedakan konsumen. Setiap konsumen punya hak untuk memilih, membeli secara kredit atau cash (tunai). Dealer harus bantu konsumen sesuai preferensi cara membeli motor barunya, cash atau kredit," tanggap General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin saat dihubungi detikcom, Rabu (31/8/2022).

Hingga berita ini dimuat, postingan tersebut sudah diretweet sebanyak 3.008 kali dengan 1.693 komentar. Beberapa di antaranya ada yang merasakan hal yang sama, namun terdapat juga yang tetap dilayani pembelian secara cash.

"Ane beli cash bisa kok, indennya hampir 3 bulan," komen @benjam***

"Adek gw kmrn gw beliin motor beat cash gampang kok," cuit @waitwhos***

"Beli online aja kalau mau cash. Saya gitu ke dealer suruh kredit, cash indent. Beli di tokped cash besok paginya langsung datang dari dealer terdekat dari rumah," timpal Fajar***

"Sama bgt Ama sodara gw, mau beli cash Ampe di ulur 5 bulan, akhirnya pake emosi dikit jawabannya sama ga bisa cash, akhirnya beli ke showroom lain ke h**da beda kota," komen @As***

Faktanya selisih harga motor kredit lebih tinggi dibanding membeli dengan tunai. Nah, buat Anda yang diarahkan membeli sepeda motor Honda secara kredit padahal ingin membayar secara tunai maka berhak menolaknya. Konsumen juga bisa melaporkan jika haknya diselewengkan, tapi ke mana harus melaporkannya?

Pria yang akrab disapa Muhib ini mengatakan konsumen bisa menghubungi Layanan Honda Costumer Care Center, berupa Hotline Service 1500989 (24 Jam), Facebook Astra Honda Care, Twitter @astrahondacare, atau menyapa Sasha (Sahabat Astra Honda) di WA atau Line 08119500989.

"Nanti tim kami dengan senang hati akan membantu," tutur Muhib.



Simak Video "Catat! Vario 125 Masih Bisa Kok Pakai BBM RON 89"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT