ADVERTISEMENT

Bukan buat Kaum Mendang-mending, Yamaha RX-King Terjual Rp 100 Juta!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 19 Agu 2022 08:10 WIB
Yamaha RX-King tembus Rp 100 juta
RX-King tembus Rp 100 juta (Foto: Dok. Tiktok arokmotor)
Jakarta -

Lagi-lagi motor dua tak Yamaha RX-King terjual dengan harga fantastis. Motor dua tak andalan Yamaha pada eranya itu baru saja laku terjual ratusan juta rupiah.

Hal itu viral di media sosial TikTok. Video itu diunggah akun arokmotor di TikTok. Motor Yamah RX-King tembus seharga Rp 100 juta.

"Beneran, (RX-King) tahun 2008 itu," katanya kepada detikcom melalui pesan Whatsapp, Kamis (18/8/2022).

Dalam video tersebut diperlihatkan transaksi pembelian Yamah RX-King seharga Rp 100 juta. Pembelinya membawa uang tunai yang dimasukkan ke kantong kresek hitam. Tertulis di kuitansi bahwa Yamaha RX-King tahun 2008 itu dibeli dengan mahar Rp 100.000.000.

@arokmotor #rxking #rxkingindonesia ♬ cash cash hero ft Christina Perri - Sadvibes🥀

Ini bukan kali pertama Yamaha RX-King laku ratusan juta rupiah. Bahkan ada RX-King yang terjual lebih dari Rp 100 juta. Salah satu sebabnya adalah karena motor itu tidak lagi diproduksi oleh pabrikannya. Padahal, peminatnya di Indonesia masih banyak. Karena peminat banyak sementara stok motornya sedikit, harga jadi melambung tinggi.

Biasanya, Yamaha RX-King yang dijual ratusan juta rupiah itu dalam keadaan original. Atau, yang lebih berharga lagi adalah kondisi motor sama sekali belum pernah dipakai sejak pertama kali diproduksi sampai sekarang, atau istilahnya new old stock (NOS).

Mereka yang rela mengeluarkan kocek banyak untuk meminang RX-King seharga ratusan juta rupiah itu biasanya kolektor. Kondisi motor seperti itu yang diburu kolektor, apalagi kalau motornya masih mulus seperti keluaran pabrik. Kolektor berani membayar berapa pun asalkan RX-King yang dijual sesuai keinginannya.

Ada juga motor Yamaha RX-King yang dijual mahal di kelas modifikasi. Biasanya, RX-King modifikasi yang dibanderol mahal itu punya part 'hedon' seperti shock breaker Ohlins sampai rem Brembo.

Pihak Yamaha Indonesia sempat memberikan komentar mengenai RX-King yang harganya tembus ratusan juta rupiah. Manager of Public Relation Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro bilang, harga itu ditentukan pasar.

"Kalau itu (harga RX King dijual ratusan juta rupiah) memang di luar nalar ya, dan itu pasar yang menentukan," kata Anton beberapa waktu yang lalu.

"Ya kalau suka angkut, tidak suka ya sudah. Ya namanya barang sudah langka dan harga ditentukan pasar," sambung Anton.

Di sisi lain saking masih banyaknya permintaan suku cadang, Yamaha terus memproduksi suku cadangnya -- meski tidak dirinci bagian mana saja yang masih diproduksi. Seperti diketahui Yamaha RX-King disuntik mati di Indonesia pada 2009, sedangkan menurut siklus, pabrik masih terus memproduksi suku cadang hingga 10 tahun ke depan.



Simak Video "Anti Ngebul! Ini Wujud Yamaha RX-King yang Disulap Jadi Motor Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT