Honda Africa Twin Disegarkan di RI, Harga Pepet Pajero Sport-Fortuner

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 20 Mei 2022 08:47 WIB
CRF1100L Africa Twin
CRF1100L Africa Twin Foto: PT Astra Honda Motor
Jakarta -

PT Astra Honda Motor (AHM) menyegarkan motor adventure premium, CRF1100L Africa Twin Sports dengan fitur terbaru. Harga motornya kini pepet mobil Sport Utility Vehicles (SUV) ladder frame seperti Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

CRF1100L Africa Twin Adventure Sports kini dibekali desain baru windshield yang bisa diatur tingkat 5 level. Terbaru, tampilan full digital panelmeternya dibekali fitur Android Auto yang bisa diintregasikan dengan sistem operasi smartphone ketika berkendara. Selain itu, model ini juga didukung oleh Apple Car Play dan koneksi bluetooth.

"CRF1100L Africa Twin Adventure Sports hadir dengan beragam fitur terbaru untuk memberikan pengalaman berkendara yang luar biasa dan menyenangkan bagi pecinta adventure di Indonesia saat menaklukan tantangan perjalanan jauh di berbagai medan baik on-road ataupun off-road," ujar Direktur Pemasaran Thomas Wijaya dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Kamis (19/5/2022).

Soal tampilan tidak ada perubahan signifikan, kesan tangguh berkat tampilan yang kokoh dan lebar serta gaya berkendara rally dan off road masih menjadi DNA dari motor ini. Didukung dengan desain jok dan tangki bensin yang ramping berkapasitas 24,8 liter membuat pengendara semakin tangkas dalam melintasi jalanan off-road.

CRF1100L Africa TwinCRF1100L Africa Twin Foto: PT Astra Honda Motor

Motor ini memang mewakili karakter petualang sejati, dari jantung pacunya dilengkapi mesin berkapasitas 1.084 cc 4 stroke SOHC dengan konfigurasi parallel twin-cylinder berpendingin cairan, mampu menghasilkan tenaga maksimal 73 kW @7500 rpm dan torsi puncak 103 Nm @6000 rpm.

Menariknya CRF1100L Africa Twin Adventure Sports pengaplikasian 4+2 riding mode, memberikan kebebasan bagi pengendara untuk memilih mode yang sesuai dengan jalanan yang dihadapi yaitu mode tour, urban, gravel dan off-road. Sementara itu, untuk 2 riding mode tambahan merupakan pilihan mode yang dapat diatur sendiri oleh pengendara dalam menyesuaikan kebutuhannya dalam berkendara.

Africa Twin juga memiliki 6 poros Inertial Measurement Unit (IMU) yang berfungsi untuk memonitoring kondisi motor ketika melakukan pengereman, cornering, dan berakselerasi.

Honda Selectable Torque Control (HSTC) sistem pada model ini hadir menawarkan tujuh tahap kontrol (mode), dan tiga level Wheelie Control dan Cornering ABS yang memungkinkan pengendara mendapat sensasi berkendara sesuai yang diinginkan.

Full digital panel meter yang merupakan layar sentuh TFT dengan besar 6,5 inch menampilkan informasi yang lengkap seperti riding mode, temperatur udara, kecepatan, dan banyak informasi lain yang dapat diatur sendiri oleh pengendara.

Pada tipe DCT terdapat 2 mode, yaitu Mode D menawarkan keseimbangan antara konsumsi bahan bakar dan kenyamanan berkendara, sementara mode S memberikan tambahan performa sport. Ada juga "G switch" untuk torsi lebih bertenaga pada RPM rendah saat melewati medan off-road. Saat fitur "G" ini dimatikan, pengiriman tenaga akan lebih lembut. Untuk Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports tipe DCT telah dilengkapi fitur cornering detect. Fitur ini berfungsi menghasilkan perpindahan gigi lebih natural saat melewati belokan.

Tertarik membelinya? Honda CRF1100L Africa Twin Adventure tersedia dengan warna Tricolor, merupakan kombinasi merah, putih, dan biru. Harganya Rp 620.774.000 (on the road DKI Jakarta) dan tipe DCT dibanderol Rp 659.897.000.

Kalau melirik harga tersebut mepet dengan SUV Pajero Sport dan Fortuner. Misalnya Pajero Sport tipe Dakar Ultimate (4x2) AT saat ini dijual Rp 652.800.000, dan Fortuner 4x2 2.8 GR Sport A/T Diesel Rp 612.300.000.



Simak Video "Custom CB150X, Sekilas Mirip Honda Africa Twin"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)