Kymco Luncurkan Skuter Listrik di Italia: Baterai Bisa Ditukar, Jarak Tempuh 200 Km

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 11 Mei 2022 08:10 WIB
Skuter listrik Kymco Ionex
Skuter listrik Kymco Ionex (Kymco)
Jakarta -

Kymco resmi meluncurkan skuter listrik terbarunya untuk pasar Italia. Skuter listrik bernama Kymco Ionex ini memiliki kemampuan battery swap (tukar baterai) dan bisa menempuh 200 km dalam kondisi full charged.

Dikutip dari Rideapart, Kymco Ionex Many 110 EV dibekali lima baterai yang bisa saling tukar. Soal performa baterai tersebut bisa membawa skuter ini menempuh jarak sejauh 200 km sebelum diisi ulang kembali daya listriknya.

Skuter ini klaimnya cocok digunakan sebagai komuter perkotaan, termasuk juga untuk kendaraan komersial. Waktu mengisi ulang Kymco Ionex pun cukup cepat, hanya membutuhkan satu jam untuk mengisi penuh.

Secara bobot, Kymco Ionex memiliki berat 207 pon (93,9 kg) dan bisa mencapai top speed 31 mph (50 km/jam). Skuter listrik ini disebut cocok digunakan di jalanan-jalanan yang macet seperti di Roma, Milan, dan Napoli.

Kymco juga memasangkan aksesibilitas di motor ini dengan teknologi, meliputi dasbor digital yang menawarkan fasilitas navigasi. Aplikasi terintegrasi juga memungkinkan pengguna untuk menemukan stasiun pengisian dan memeriksa status baterai saat ini.

Ionex Many 110 EV digadang-gadang cocok dengan kebutuhan banyak pengendara perkotaan, namun Kymco belum merilis model dan daftar harga resmi skuter listrik ini. Rencananya, KMI (dari grup Padana Sviluppo) akan mendistribusikan skuter Ionex ke seluruh kawasan Italia.

Sejauh ini kendaraan listrik memang masih perlu waktu untuk bisa diterima masyarakat karena motor listrik perlu dukungan infrastruktur seperti bengkel khusus maupun stasiun pengisian daya listrik. Namun Kymco Ionex yang memiliki jarak tempuh cukup jauh, serta baterai yang bisa ditukar, setidaknya bisa menghilangkan keragu-raguan konsumen yang ingin meminang skuter listrik.

(lua/din)