Jupiter S Motor Listrik Mirip Nmax Meluncur, Harga Mepet LCGC

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 09 Mei 2022 18:52 WIB
Motor listrik Jupiter S
Skuter listrik Jupiter S (Foto: Trinity)
Jakarta -

Motor listrik makin beragam produknya. Baru-baru ini rilis Jupiter S, motor listrik yang desainnya mengingatkan pada skutik bongsor Yamaha Nmax.

Dikutip dari Motorrad, Senin (9/5/2022) sebuah start up asal Jerman, Trinity, merilis model baru skutik listrik andalannya, Jupiter S. Berbeda dari varian Uranus RS, yang sudah diperkenalkan sebelumnya. Skuter listrik ini akan menyasar model-model motor dengan gaya kekar dan gambot.

Terlihat dari buritan samping, motor ini mirip dengan Yamaha Nmax, yakni garis samping yang tegas, terkesan bongsor serta menawarkan posisi duduk yang relaks.

Well, tentu saja perbedaannya Jupiter S tanpa asap. Secara performa motor ini cukup mengesankan, dibekali baterai lithium 72v yang sanggup menempuh jarak hingga 200 kilometer.

Secara teori, satu kali pengisian baterai per minggu akan cukup untuk rata-rata komuter yang melakukan perjalanan 34 kilometer per hari. Sedangkan kecepatan tertingginya 120 km/jam, dan tenaga puncak hingga 16 kW (22 hp).

Motor listrik Jupiter SMotor listrik Jupiter S Foto: Trinity

"Salah satu tujuan kami adalah menggunakan e-mobilitas tanpa harus terus-menerus khawatir tentang proses pengisian berikutnya," kata Reinhold Richert, pendiri dan direktur pelaksana Trinity.

Ada tiga level daya yang dapat dipilih pada Jupiter S: eco, normal, dan mode daya. Mode Eco dirancang untuk jangkauan maksimum. Dalam operasi normal, pengaturan standar aktif dan Jupiter mencapai maksimum 105 km/jam.

Seluruh pencahayaan Jupiter S juga sudah dibekali dengan lampu LED. Sementara bagian Multi Information Display (MID) dilengkapi fitur kecerahan otomatis, tergantung pada pencahayaan di sekitar.

Motor ini baru rilis di Jerman, soal harga dibanderol mulai dari 6.993 euros atau sekitar Rp 107 jutaan. Kalau di Indonesia, motor ini bisa mepet dengan Daihatsu Ayla tipe 1.0 D M/T yang dijual Rp 108,5 juta.

(riar/din)