Gesits Cs Perlu Waspada! Sinyal Honda Jual Motor Listrik, Ada yang Setara BeAT

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 26 Apr 2022 15:46 WIB
Honda pcx electric, honda pcx listrik
Honda PCX Electric Foto: PT Astra Honda Motor
Jakarta -

Raksasa sepeda motor di Indonesia belum ikut memasarkan kendaraan listrik. Beberapa merek seperti Gesits, Volta, Viar, hingga Selis sudah curi start lebih dulu. Tapi pabrikan asal Jepang, Honda beri sinyal akan menjual motor listrik pada 2024 mendatang.

PT Astra Honda Motor (AHM) baru mengenalkan Honda PCX Electric dengan skema penyewaan untuk segmen fleet, seperti perusahaan atau institusi. Pihak AHM bilang masih perlu pengkajian lebih lanjut terutama soal infrastruktur, performa, dan menyesuaikan gaya berkendara yang cocok dengan masyarakat Indonesia.

Direktur Pemasaran PT AHM Thomas Wijaya memberi sinyal Honda akan mulai memasarkan model motor listrik yang cocok buat masyarakat Indonesia dua tahun lagi.

"Kita harapkan di tahun 2024, kita sudah bisa menemukan model yang cocok dengan masyarakat Indonesia, dari sisi penggunaan, infrastrukturnya, kenyamanan, termasuk juga performa, saat ini memang kita masih kontinyu karena kondisi pandemi kemarin di tahun 2020, 2021, tahun ini (pemasaran PCX Electric) kita masih dengan sistem business to business," terang Thomas saat bincang virtual, Senin (25/4/2022).

Tetapi, Thomas tak merinci soal produk tersebut. Apakah Honda akan menggunakan PCX Electric yang sudah dijadikan studi atau murni produk motor listrik baru.

Selama konferensi pers global 2021 lalu, Presiden Honda Motor Co Toshihiro Mibe, mengumumkan tiga sepeda motor listrik Honda (e-bikes) baru akan diperkenalkan ke pasar pada tahun 2024.

Selain PCX Electric, desain motor listrik lain dari Honda sudah terdaftar dalam Pangkalan Data Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI. Diduga motor baru itu adalah Honda U-GO.

Skuter listrik Honda U-GOSkuter listrik Honda U-GO Foto: Wuyang Honda

Paten desain motor listrik yang mirip dengan Honda U-GO itu sudah dilindungi sejak 19 Agustus 2021. Dalam deskripsi kegunaan produk, desain yang diajukan termasuk dalam alat transportasi berupa motor skuter.

Paten Desain Skuter Listrik HondaPaten Desain Skuter Listrik Honda Foto: Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kemenkumham

Pemohonnya tercatat Honda Motor Co., Ltd yang beralamat di Tokyo, Jepang. Sedangkan desainernya ialah Maxime Thouvenin dari Prancis, dan Xin Yuan dari China.

Bicara spesifikasi, Honda U-GO hadir dalam dua model, yakni reguler dan low speed (kecepatan rendah). Model standar memiliki motor hub bertenaga 1,2 kW, dengan tenaga puncak 1,8 kW, dan top speed 53 km/jam. Sementara model kedua ditenagai 0,8 kW, dengan kecepatan tertinggi 43 km/jam.

Honda U-GO sudah dipasarkan di China dengan harga CNY 7.499 atau setara Rp 16,6 juta. Sebagai pembanding, skuter listrik ini bisa disetarakan dengan skuter matik (skutik) yang banyak beredar di Indonesia. Bahkan, motor itu setara dengan harga Honda BeAT yang saat ini dijual mulai dari Rp. 17.270.000.

Kedua model ini sama-sama dilengkapi baterai Lithium-ion yang dapat dilepas dengan kapasitas maksimum 1,44 kW. Baterai juga bisa di-upgrade ke daya yang lebih besar. Maka itu, jangkauan jarak tempuh bisa dimaksimalkan dari 65 km menjadi 130 km.

Well, kira-kira motor listrik Honda apa yang bakal dijual di Tanah Air?



Simak Video "Duh! Beli Motor Matic Honda Indennya Bisa Sebulan, Ini Sebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)