Gesits 'Made In Cileungsi' Bakal Masuk Pasar Australia

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 21 Apr 2022 08:50 WIB
Gesits
Gesits, motor listrik buatan Cileungsi Foto: Gesits
Jakarta -

Gesits, motor listrik buatan lokal melebarkan sayap ke luar negeri. Bahkan motor buatan Cileungsi ini mencoba masuk pasar Australia.

Irsal S Matondang, Direktur Keuangan PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) selaku manufaktur dan prinsipal motor listrik Gesits, mengatakan Gesits sudah masuk pasar Afrika Barat, ke depan juga menyasar Australia.

"Untuk yang sudah ada distributor resminya memang saat ini Afrika Barat, yaitu di Senegal. Untuk Senegal kami sudah mengirimkan sebanyak 38 unit, pertama 6 unit untuk sample dan kemudian disusul dengan ekspor perdana sebanyak 32 unit," ujar Irsal kepada detikcom, Selasa (19/4/2022).

"Namun kami juga sedang mencoba untuk masuk ke negara-negara lainnya seperti Australia dan juga Filipina, udah kirim sample juga kesana, doakan saja kedepan bisa untuk memasuki pasar di negara tersebut," tambah Irsal.

Seperti diketahui, Senegal sudah memesan secara Completely Knock Down (CKD) total 32 unit. Sementara permintaan motor Gesits di Senegal sudah mencapai 200 unit. Ekspor perdana itu dilakukan pada Sabtu (16/10) dan tiba di Senegal pada akhir November 2021. Di sisi lain, Gesits juga tengah mencoba pasar Australia dan Filipina.

Gesits memiliki 162 komponen dengan 85% komponen diproduksi di dalam negeri yang dipasok oleh 24 perusahaan dan 5 diantaranya BUMN. Untuk Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Gesits saat ini sebesar 46,73%.

Di sisi lain, Irsal juga menjelaskan keunggulan Gesits ialah teknologinya, dirancang untuk memberi keamanan konsumen. Ia menjelaskan baterai GESITS sudah menggunakan BMS (Battery Management System), dan GESITS Apps.

"Nantinya Apps ini berfungsi untuk menganalisa kesehatan kendaraan seperti status baterai dan bisa dikoneksikan dengan bluetooth maupun sarana koneksi lainnya," terang dia.



Simak Video "Harga BBM Naik, Jadi Momentum Pas untuk Ganti Motor Listrik?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)