Dites Anak Komunitas, Konsumsi BBM Yamaha Fazzio Tembus 62 Km/Liter

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 25 Mar 2022 11:12 WIB
Yamaha Fazzio dites anak komunitas, berapakah konsumsi BBM-nya?
Yamaha Fazzio dites anak komunitas, berapakah konsumsi BBM-nya? (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing)
Jakarta -

Yamaha Fazzio Hybrid-Connected merupakan jagoan baru Yamaha di segmen skutik bergenre klasik-modern. Skutik ini pun diuji performa konsumsi BBM-nya oleh salah satu anak komunitas Fazzio Owner Club Indonesia. Seperti apa hasilnya?

"Minggu lalu sengaja saya berkunjung ke rumah orang tua saya di Jagatamu, Lebak Wangi, Kuningan Timur-Jawa Barat menggunakan Fazzio, kecepatan rata-rata 70-80 km/jam," buka Rino (29) dalam keterangan resminya.

"Jarak perjalanan dari Pondok Gede Bekasi ke Jagatamu Lebak Wangi kurang lebih menempuh 265 km. Posisi bensin saya di Pondok Gede full tank (6 bar), tiba di Jagatamu masih tersisa 1 bar. Dibandingkan dengan motor saya sebelumnya, Fazzio jelas lebih irit, kalau dikonversi ke rupiah cuma menghabiskan Rp 38 ribuan saja," sambungnya.

Jika mengacu pada review Rino bahwa sesampainya di Jagatamu, bensin yang tersisa ada 1 bar, berarti dari kapasitas tangki bensin Yamaha Fazzio 5.1 L, konsumsi bahan bakar untuk perjalanan 265 km hanya sekitar 4,25 liter saja. Atau jika dikonversi ke hitungan km/liter, maka akan ketemu angka konsumsi BBM sekitar 62,3 km/liter.

Sebagai informasi, Yamaha Fazzio dibekali teknologi Blue Core Hybrid dengan support fitur Electric Power Assist dan Stop & Start System. Dengan Electric Power Assist klaimnya membuat akselerasi awal lebih bertenaga dan halus ketika membawa penumpang, barang, dan jalan menanjak.

Motor ini juga sudah memiliki Stop & Start System yang membuat mesin motor akan mati secara otomatis ketika motor berhenti selama 5 detik, sehingga mendukung efisiensi bahan bakar.

Selain teknologi Blue Core Hybrid, fitur Y-connect pada Yamaha Fazzio Hybrid - Connected dapat menunjang kebutuhan konsumen Indonesia saat ini yang semakin akrab dengan dunia digital. Fitur ini memudahkan pengendara untuk always on secara otomatis setelah pertama kali disambungkan. Pengendara mendapatkan lokasi riding secara real time, lokasi parkir terakhir, notifikasi telepon dan pesan, rekomendasi perawatan oli dan aki, memonitor konsumsi bahan bakar dan notifikasi malfunction.

(lua/din)