Intip Spesifikasi Motor Polisi Indonesia yang 'Dibajak' Franco Morbidelli

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 24 Mar 2022 08:37 WIB
Franco Morbidelli bajak motor Patwal
Franco Morbidelli 'membajak' motor Polisi Indonesia. (Instagram Franco Morbidelli)
Jakarta -

Franco Morbidelli bikin heboh lini masa media sosial Indonesia lantaran aksinya 'membajak' motor Polisi Indonesia. Momen itu terjadi usai gelaran MotoGP Indonesia (Pertamina Grand Prix of Indonesia) (20/3), tepatnya pada Senin (21/3). Bicara soal motornya, seperti apa spesifikasi motor polisi yang 'dibajak' anak didik Valentino Rossi itu?

MotoGP Mandalika memang telah usai. Tapi masih banyak cerita menarik di seputaran gelaran akbar balap motor kasta tertinggi tersebut. Salah satunya cerita pebalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli, yang tiba-tiba membajak motor dinas Yamaha MT-09 Tracer milik anggota Polri.

Sekadar informasi, Morbidelli meminjam Yamaha MT-09 Tracer milik Patwal itu dikarenakan ia sedang mengejar waktu agar bisa lekas mencapai bandara. Hal ini dikonfirmasi oleh pihak MotoGP.

"Petugas Polisi Indonesia mengizinkan Morbidelli untuk meminjam motornya, sehingga ia bisa datang ke bandara tepat waktu. Jangan khawatir, Franky sudah mengembalikan motornya," tulis akun MotoGP.

Aksi 'membajak' motor Patwal itu bukan tanpa alasan. Sebab usai gelaran MotoGP, kemacetan panjang tak dapat terhindarkan. Tak sedikit penonton yang mengeluhkan terjebak macet usai menonton Pertamina Grand Prix of Indonesia itu.

Menyinggung soal motor Patwal yang 'dibajak' Morbidelli, tipenya adalah Yamaha MT-09 Tracer. Moge petualang ini kali pertama meluncur di Tanah Air pada tahun 2016 silam. MT-09 merupakan versi adventure dari naked bike MT-09.

Test Ride Yamaha MT-09 TracerYamaha MT-09 Tracer Foto: Agung Pambudhy

Pada awal peluncurannya, Yamaha MT-09 Tracer hadir dengan pilihan warna Lava Red, Mistral Grey, Race Blue. Harga Rp 325.000.000 on the road Jakarta.

Bicara spek jantung pacunya, mengusung mesin CP3, 3-Cylinder, liquid-cooled, 4-stroke, DOHC, 847cm3, dengan bore x stroke: 78,0 mm × 59,1 mm. Mesin itu bisa menghasilkan tenaga puncak 84,6 kW (115 PS) pada 10.000 rpm dan torsi maksimal 87,5 Nm (8.9 kg-m) pada 8.500 rpm.

Secara desain, Yamaha MT-09 Tracer mengusung pakem 'Agile and Versatile Sport Bike' (motor sport lincah dan fleksibel), dengan bagian depan berciri khas motor touring, serta dibekali dual headlamp dan shroud yang cukup besar.

Untuk menunjang kenyamanan, motor ini dibekali konfigurasi jok bertingkat (split seat) dan dibekali behel atau pegangan belakang. MT-09 Tracer diklaim memiliki handling yang mudah dikontrol, posisi riding yang tegak dan nyaman untuk turing, dan cara berkendara yang bisa disesuaikan menurut pilihan pengendara sesuai karakter jalan.

Yamaha MT-09 Tracer memiliki beberapa fitur unggulan, seperti handle bar yang adjustable dan lebih lebar, dilengkapi sistem Traction Control System (TCS). Fitur ini mampu mengontrol tenaga yang disalurkan ke roda belakang, menjadikan berkendara lebih nyaman dan stabil dalam segala kondisi jalan.

Fitur lainnya yang terdapat pada MT-09 Tracer adalah D-Mode yaitu mode seting mesin, mode itu untuk memilih karakter mesin yang cocok untuk rider dan kondisi jalan yang dilalui saat berkendara, dioperasikan oleh tombol pada bagian tangan kanan handle bar. Tombol (1) Standard (STD) Mode, dengan power diantara A Mode dan B Mode, (2) A Mode lebih responsif dan powerful, (3) B Mode jika ingin berkendara dengan power yang lebih mudah dikontrol.

Bagian depan MT-09 Tracer dilengkapi cowl sebagai pelindung yang efisien meminimalkan turbulensi dan didukung lampu depan LED. Tombol handlebar-nya multifungsi, speedometer dengan multifunction instrument panel dilengkapi 12 volt power out put untuk memenuhi kebutuhan power supply gadget dari pengendara saat perjalanan turing.

(lua/din)