Yamaha Luncurkan Skutik AXIS Z, Seliter Bensin Tempuh 50 Km Lebih

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 17 Feb 2022 17:39 WIB
Yamaha AXIS Z
Yamaha AXIS Z. Foto: Dok. Yamaha
Jakarta -

Yamaha di Jepang telah meluncurkan skuter matik (skutik) terbaru yang irit bahan bakar yakni Yamaha AXIS Z. Bahkan, seliter bensin bisa untuk menjangkau jarak lebih dari 50 kilometer.

Skutik itu adalah Yamaha AXIS Z. Motor ini merupakan skuter kompak yang dijual di Jepang. Skuter ini didesain untuk mobilitas perkotaan terutama dalam kemacetan.

Yamaha AXIS Z mengalami sedikit perubahan. Mesin blue core khas Yamaha telah memenuhi standar emisi terbaru. Motor ini juga memiliki sistem Smart Motor Generator (SMG) untuk memungkinkan starter mesin yang senyap dengan getaran yang lebih sedikit.

Selain itu, Yamaha AXIS Z kini dibekali UBS (Unified Brake System) yang menghasilkan gaya pengereman yang seimbang untuk rem depan dan belakang.

Selanjutnya, lampu depan juga lebih terang menjadi 60/55W.

Yamaha AXIS ZYamaha AXIS Z Foto: Dok. Yamaha

Yamaha AXIS Z hadir dengan mesin 124 cc satu silinder 4 tak SOHC berpendingin udara. Bobotnya hanya 100 kg.

Dalam siaran persnya disebutkan, mesin 125 cc itu memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Satu liter bensin hampir bisa menempuh 52 km. Klaimnya, konsumsi baha bakar skutik ini mencapai 51,9 km/liter (mode WMTC).

Metode ini menghitung hasil tes gas buang yang diukur dalam mode mengemudi, yang merupakan standar internasional termasuk starter, akselerasi, dan berhenti.

Yamaha mengklaim, AXIS Z memiliki bodi yang ringan dan mudah dikendarai. Motor ini juga memiliki bagasi luas dengan kapasitas hingga 37,5 liter, muat untuk dua helm.

Di Jepang, Yamaha AXIS Z dijual dengan harga 271.700 yen atau setara Rp 33,7 juta. Motor ini tersedia dengan lima pilihan warna yaitu Matte Dark Purplish Blue Metallic (Matte Blue), Black Metallic X (Black), Gray Metallic M (Gray), Matte Dark Yellowish Gray Metallic (Matte Brown), dan Blueish White Cocktail (White).



Simak Video "Tampang Nmax Roda Tiga Meluncur di Eropa, Masuk Indonesia Nggak?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)