KTM Mau Bikin Naked Sport Bertenaga Listrik, Namanya E-Duke

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 15 Feb 2022 08:57 WIB
KTM Duke 125
KTM Duke 125. Foto: Dok. KTM
Jakarta -

Perusahaan otomotif asal Austria, KTM, siap terjun ke industri kendaraan ramah lingkungan. KTM dikabarkan siap memproduksi naked sport bertenaga full baterai dengan nama, E-Duke.

Dikutip dari laman Cartoq, KTM melihat peluang untuk memproduksi kendaraan listrik seiring meningkatnya kepopuleran motor tanpa asap itu. Oleh sebab itu, KTM tak mau ketinggalan dengan perusahaan-perusahaan otomotif lainnya.

KTM yang sebagian sahamnya kini dimiliki Bajaj Auto International (India) bakal memproduksi sepeda motor listrik, E-Duke, yang akan ditenagai motor 10 kW dan dilengkapi baterai 5,5 kWh. E-Duke kemungkinan berbagi platform yang sama dengan Husqvarna E-Pilen.

Dengan motor 10 kW-nya, motor listrik KTM ini diharapkan mengungguli motor listrik paling bertenaga di India, Tork Kratos R yang dilengkapi motor 9 kW. Selanjutnya, jika dibandingkan dengan sepeda motor bertenaga bensin, E-Duke diharapkan bisa sejajar dengan KTM 125 Duke, yang menghasilkan 11kW (14,5 dk).

Paket baterai 5,5 kWh yang akan digunakan E-Duke membuat motor ini menjadi yang terdepan di kelasnya. Kapasitas yang ditawarkan dari merek Austria ini mengalahkan kapasitas baterai Tork Kratos R yang datang dengan baterai 4 kWh, Simple One dengan baterai 4,8 kWh dan 3,97 kWh milik Ola S1 Pro.

Sampai sekarang, belum ada informasi lebih lanjut mengenai waktu peluncuran motor ini. Namun yang pasti, kerja sama Bajaj Auto International dan KTM akan lebih luas, meliputi pengembangan bersama sepeda motor listrik, dengan output mulai 3 kW hingga 10 kW. Dan melihat potensi market India yang besar, motor listrik KTM kemungkinan bakal diproduksi di fasilitas perakitan milik Bajaj.



Simak Video "Tarif Motor Listrik di Gojek dan Cakupannya"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)