Yamaha Fazzio Datang buat Gantikan Fino?

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 18 Jan 2022 09:08 WIB
Yamaha Fazzio Hybrid Connected
Yamaha Fazzio Hybrid Connected Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Yamaha Fazzio meluncur perdana di Indonesia, Senin (17/1/2022). Apakah motor skutik retro modern ini bakal menggantikan Yamaha Fino?

Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro mengatakan Fazzio berada di segmen baru, berbeda dengan Yamaha Fino.

"Fazzio ini kategori baru, jadi bukan untuk menggantikan Yamaha Fino. Tapi untuk melengkapi pilihan konsumen," kata Anton saat ditemui di Jakarta Selatan, Senin (17/1/2022).

Anton melanjutkan Fazzio merupakan akronim dari Fashion dan Luzzio. Motor ini membawa penyegaran dari desain hingga fitur untuk menggoda konsumen di Tanah Air.

"Kita hadir dengan Fazzio (akronim, Red) dari Fashion, dan Luzzio -- itu bahasa Italia artinya simple. Jadi secarah harfiah sebenarnya simple fashion. Kita ingin mewakili konsumen muda saat ini dengan berbagai karakter dari konsumen muda yang ada sekarang ini dari berbagai karakter," jelas dia.

Yamaha Fazzio Hybrid ConnectedYamaha Fazzio Hybrid Connected Foto: Ridwan Arifin

"Dengan kategori baru ini orang bisa menunjukkan kelasnya dari apa yang digunakan bukan hanya sekadar fashion tapi juga kendaraan yang dipakai. Makanya hadir dengan berbagai karakter. (Fazzio) ada yang LUX dan NEO," tambah Anton.

Perbedaannya, dari segmentasi Yamaha Fazzio berada di atas Yamaha Fino. Selain itu Fazzio juga merupakan kategori baru yang bernama Classy.

"Tidak akan menggantikan Fino, karena Fino lebih ke stylish. Sedangkan Fazzio lebih kepada Classy yang ditawarkan kepada konsumen dengan desain, fitur, dan body baru," ujar dia.

Beda dengan Yamaha Fino. Selain desain yang segar untuk pasar Indonesia, Fazzio Hybrid Connected juga dilengkapi dengan mesin Blue Core Hybrid.

Sederhananya, Yamaha menjelaskan teknologi hybrid ini bisa mendapatkan akselerasi awal yang bertenaga dan halus dengan power assist yang bersumber dari baterai. Tarikan awal itu terbantu selama 3 detik pertama dari 2 sumber tenaga yang saling bersinergi, yaitu tenaga yang dihasilkan dari mesin serta tenaga yang berasal dari Electric Power Assist Start, yang diklaim bermanfaat saat membawa penumpang, barang, dan jalan menanjak.

Yamaha Fazzio Hybrid ConnectedYamaha Fazzio Hybrid Connected Foto: Ridwan Arifin

"Harapannya dengan body, teknologi, dan desain baru. Konsumen bisa menunjukkan kelasnya," kata Anton.

Yamaha Fazzio Hybrid ConnectedYamaha Fazzio Hybrid Connected Matte Foto: Ridwan Arifin

Yamaha Fazzio Hybrid Connected NEO dengan tampilan warna glossy dipasarkan dengan harga Rp 21,700,000 OTR Jakarta, sedangkan Yamaha Fazzio Hybrid - Connected LUX dengan tampilan matte seharga Rp 22.000.000 OTR Jakarta. Sebagai pembanding, Yamaha Fino Grande diketahui paling mahal dijual Rp 20.500.000.

Simak Video 'Yamaha Fazzio Pakai Teknologi Hybrid, Apa Keunggulannya?':

[Gambas:Video 20detik]



(riar/lth)