ADVERTISEMENT

10 Motor Terlaris di Dunia 2021: Motor China dan India Pepet Honda

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 11 Jan 2022 07:07 WIB
Presiden Jokowi meninjau pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Sabtu (3/11). Jokowi sempat mampir di booth Honda.
Ini merek motor terlaris di dunia. Foto: Istimewa/Honda
Jakarta -

Pada tahun 2021, industri otomotif roda dua turut bangkit dari keterpurukan, meski masih di bawah level sebelum pandemi. Pabrikan ini menjadi merek motor paling laris di dunia sepanjang 2021.

Motorcycles Data merilis angka penjualan dari berbagai pabrikan otomotif roda dua di dunia. Hasilnya, Honda kembali merajai penjualan sepeda motor dunia.

Tentu saja ini bukan kejutan. Sebab, diketahui Honda selalu mendominasi industri otomotif roda dua dunia. Namun yang menjadi catatan, pangsa pasar Honda justru turun dari kisaran di atas 30% menjadi 29,9%.

"Dua alasan utama di balik pangsa pasar Honda hilang. Yang pertama adalah pertumbuhan pabrikan India pada periode 2015-2019. Yang kedua adalah booming produsen skuter listrik China," sebut Motorcycles Data.

Dalam 11 bulan pertama 2021, penjualan global motor Honda mencapai 13,8 juta unit. Angka itu naik 14,7% dibanding tahun sebelumnya.

2021 HONDA X-ADV2021 HONDA X-ADV Foto: Honda Eropa

Peringkat kedua motor terlaris di dunia ditempati oleh pabrikan motor listrik China, Yadea. Berkat permintaan yang meningkat untuk kendaraan listrik di China, didorong oleh insentif pemerintah, Yadea berkembang pesat. Penjualannya mencapai 5,8 juta unit skuter listrik (di luar sepeda listrik) pada Januari-November 2021.

Di tempat ketiga adalah pabrikan motor asal India, Hero Motor. Pada tahun lalu, Hero Motor mencatatkan penjualan sebanyak 4,5 jut unit, turun 9,6% dibanding tahun sebelumnya karena pandemi.

Sementara Yamaha mengisi posisi keempat motor terlaris di dunia. Jika di Indonesia Yamaha menjadi pesaing terdekat Honda, di level dunia Yamaha juga kalah dari pabrikan India dan China. Catatan Motorcycles Data, Yamaha menjual 3,5 juta unit sepeda motor.

Dengan selisih yang lebar, di peringkat kelima ada Bajaj Auto dengan 2,3 juta. Kemudian di tempat keenam masih dari pabrikan India, TVS Motor, dengan 2,25 juta unit penjualan.

Selanjutnya di urutan ketujuh ada produsen sepeda motor dan skuter dari China, Haojue. Pabrikan motor asal China itu mencatatkan penjualan sebanyak 1,2 juta unit. Haojue juga memproduksi motor merek Suzuki. Namun, angka penjualan yang dirilis hanya merek Haojue, tidak termasuk motor Suzuki yang diproduksinya.

UNSPECIFIED, ARGENTINA - JANUARY 05:  Joaquim Rodrigues of Portugal and Hero Speedbrain rides a 450 Rally Hero Speedbrain bike in the Classe 2.1 : Super Production during stage four of the 2017 Dakar Rally between San Salvador de Jujuy, Argentina and Tupiza, Bolivia on January 5, 2017 at an unspecified location in Argentina.  (Photo by Dan Istitene/Getty Images)Hero Speedbrain tampil di Reli Dakar 2017 Foto: Dan Istitene/Getty Images

Sementara merek Suzuki sendrii mengisi posisi kedelapan. Pabrikan motor asal Jepang itu mencatatkan penjualan sebanyak 1,2 juta unit.

Kemudian di peringkat sembilan ada pabrikan motor asal Meksiko, Italika. Merek motor asal Meksiko itu menjual 0,9 juta unit motor tahun lalu.

Di posisi ke-10 ada Niu Tech, spesialis kendaraan listrik global kedua. Niu Tech mencatatkan penjualan sebanyak 900 ribu unit motor. Dengan peningkaan 72%, Niu adalah merek dengan pertumbuhan tercepat di antara 25 produsen global teratas.

Perlu diketahui, data yang disajikan ini hanya mencakup kendaraan roda 2/3 dalam kategori skuter, underbone, moped, dan sepeda motor. Data ini tidak termasuk penjualan kendaraan seperti Tuk Tuk, ATV/RUV atau kick scooter.



Simak Video "Penjualan Motor Mei 2022 Anjlok 43%, Apa Sebabnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT