Riders Catat! Ini Pentingnya Postur Berkendara bagi Kesehatan Tubuh

Atta Kharisma - detikOto
Jumat, 24 Des 2021 13:03 WIB
Pentingnya Postur Berkendara bagi Kesehatan Tubuh
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Mengendarai sepeda motor tidak hanya membutuhkan perlengkapan berkendara yang aman, tapi juga pengaturan posisi tubuh yang baik dan nyaman. Sebab, posisi tubuh yang baik saat menaiki sepeda motor memberikan sejumlah manfaat bagi pengendaranya.

Sayangnya, hal ini tidak diketahui oleh banyak orang, khususnya pengendara muda yang baru pertama kali mengendarai sepeda motor. Padahal, aktivitas berkendara yang ditunjang dengan postur tubuh yang baik akan memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat yang dapat dirasakan lewat posisi berkendara yang tepat dan nyaman.

1. Memperkuat Otot Perut dan Pinggang

Posisi tubuh yang tepat saat melakukan aktivitas berkendara seperti berbelok, menempuh jalan lurus, berkendara melewati medan yang berat, dan sebagainya akan memperkuat otot perut dan pinggang pengendara. Hal ini akan membuat tulang punggung mendapatkan penopang yang kokoh dan kuat.

2. Memperkuat Leher dan Tulang Belakang

Tahukah kamu, posisi berkendara yang tepat dapat menjadi terapi yang sangat baik untuk leher dan tulang belakang? Hal ini berhubungan dengan posisi leher saat mengenakan helm.

Helm menjadi beban tambahan yang dapat memberi latihan pada leher pengendara. Karena itu, posisi berkendara yang tegap dan tidak loyo akan memperkuat otot leher dan tulang belakang.

3. Mendukung Metabolisme

Pernahkah kamu merasakan penat usai mengendarai sepeda motor? Meski hanya duduk di atas jok, berkendara adalah aktivitas yang cukup melelahkan karena menuntut tenaga dan tingkat kebugaran tertentu.

Hal ini membuat proses metabolisme/pembakaran di dalam tubuh semakin meningkat. Postur tubuh yang baik tidak hanya akan mendukung peningkatan metabolisme, tapi juga meredam feedback negatif yang dirasakan tubuh setelah berkendara.

4. Memperkuat Paha dan Lutut

Postur tubuh yang stabil juga akan memperkuat paha dan lutut pengendara. Ini dikarenakan aktivitas berkendara membuat otot-otot penunjang sendi menjadi lebih kuat dan lentur.

Beberapa sumber bahkan menyebutkan pengendara motor memiliki paha dan lutut yang lebih kuat dibandingkan mereka yang tidak berkendara. Tentunya manfaat ini baru akan dirasakan ketika kamu sudah menerapkan pengaturan posisi tubuh yang baik dan benar.

Mengendarai sepeda motor memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Hanya saja, orang-orang masih lalai dalam menerapkan postur tubuh yang baik dan benar saat berkendara.

Sadar akan hal tersebut, Yamaha meluncurkan Yamaha NMAX yang akan membuat pengendara #nyamanMAXImal lewat desain dudukan barunya. Yamaha NMAX memiliki jok yang panjang dan lebar, dengan dimensi PxLxT: 1.955 mm x 740 mm x 1.115 mm.

Alhasil, Yamaha NMAX memiliki jok luas yang membuat posisi pengendara dapat lebih mundur dan rileks. Hal ini tentunya membuat motor ini nyaman dibawa touring jauh.

Tidak hanya untuk berkendara solo, ukuran jok Yamaha NMAX ini membuatnya nyaman untuk boncengan. Hal ini turut didukung oleh suspensi bagian belakang yang dapat diatur baik untuk pengendara solo maupun tandem.

Untuk menunjang kenyamanan pengendara, dek pijakan kaki pada Yamaha NMAX dibuat panjang dan tanpa penghalang. Sehingga, kaki pengendara bisa bebas selonjoran dan tidak terlalu tertekuk.

Itulah tadi beberapa fitur unggulan Yamaha NMAX yang mendukung kenyamanan kamu saat berkendara.



Simak Video "Keren! Yamaha Luncurkan Nmax Edisi Spiderman"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)