Harganya Rp 240 Jutaan, Ducati Rilis Motor Baru yang Siap Dipakai Rally

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 13 Des 2021 09:43 WIB
Ducati Desert X 2022
Wujud Ducati Desert X yang baru dirilis oleh Ducati Foto: dok. Ducati
Jakarta -

Ducati akhirnya merealisasikan Desert X Concept yang pernah mereka pajang pada ajang EICMA 2019. Motor baru Ducati ini hadir dengan konsep motor enduro era 80-an, desainnya ala Paris-Dakar, dan namanya tak jauh beda dari nama konsepnya yakni Ducati Desert X 2022.

Pada versi konsepnya, Ducati menggunakan platform Scrambler untuk Desert X ini. Namun pada motor yang diproduksi massal, Ducati membenamkan sasis serba baru dengan model tubular steel trellis.

Ducati juga membenamkan mesin berpendingin cairan berkapasitas 937 cc Desmodromic 11 derajak Testastretta. Mesin dua silindernya ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga sebesar 110 HP dan torsi 92 Nm.

Ducati Desert X 2022Ducati Desert X 2022 Foto: dok. Ducati

Untuk urusan kaki-kakinya, tentu sebagai motor yang harus siap dibawa rally, Ducati membenamkan sok depan dari pabrikan Kayaba. Sok depannya ini model terbalik alias up-side down dengan diameter tabung 46 mm dan jarak travel 230 mm. Sedangkan untuk sok belakang, Ducati mempercayakan sok tunggal dari Kayaba yang dapat diatur tingkatan pre-load dan yang lainnya.

Sepatu yang digunakan Ducati Desert X ini adalah pelek jari-jari ukuran belang yakni depan 21 dan belakang 18. Pelek jari-jarinya ini dibalut ban tubeless dari Pirelli model Scorpion Rally, depan ukuran 90/90-21 dan belakang 150/70-18.

Secara dimensi Ducati Desert X ini tergolong gambot. Desert X ini punya berat isi 223 kilogram dan tinggi jok 875 mm. Sedangkan untuk tangki bensinnya berkapasitas total 21 liter. Menariknya lagi, agar siap dipakai menjelajah ke tempat yang tak terjamah, Ducati menyiapkan aksesoris tangki cadangan berukuran 7,9 liter.

Ducati Desert X 2022Ducati Desert X 2022 Foto: dok. Ducati

Untuk urusan fiturnya, tentu sebagai Ducati generasi baru, segudang peranti pintar nan canggih sudah disematkan ke Desert X ini. Fitur Ducati Safety Pack seperti Cornering ABS dan Ducati Traction Control hadir menjadi standarnya. Selain itu, Desert X ini juga punya riding modes, power modes, Ducati wheelie control, engine brake control, serta Ducati quick shift up/down.

Dilansir dari RideApart, Ducati Desert X akan mulai tersedia di Ducati Global pada Juni 2022 dengan banderol mulai dari $ 16,795 atau setara dengan Rp 241 jutaan. Namun hingga saat ini belum ada kabar dari Ducati Indonesia tentang kehadiran motor bergaya rally dakar ini.



Simak Video "Siap Dipakai Rally! Ini Tampang Ducati Desert X Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)