Terbatas! Yamaha Rilis R1 Edisi Toprak Razgatlioglu: Motor Kencang Plus Dapat Tiket VIP WSBK

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 07 Des 2021 16:46 WIB
Yamaha R1 edisi Toprak Razgatlioglu
Yamaha R1 edisi Toprak Razgatlioglu Foto: Yamaha Racing
Jakarta -

Yamaha rilis motor gede (moge) superbike R1 edisi Toprak Razgatlioglu. Motor ini jadi perayaan kemenangan Yamaha di ajang WSBK 2021.

Yamaha R1 edisi Toprak Razgatlioglu hanya dibuat 21 unit di seluruh dunia. Ini mencerminkan musim 2021 yang bersejarah, yakni Toprak jadi juara dunia, Yamaha berhasil buka puasa gelar sejak kali terakhir mereka raih pada 2009, dan mendapat gelar 'Triple Crown' di musim WSBK 2021.

Pemilik motor edisi spesial ini tentu saja akan mendapat livery khusus yang dipakai oleh Toprak saat berlaga di kejuaraan WSBK. Beberapa logo sponsor juga terbenam dalam motor yang kental dengan warna biru ini.

Yamaha Motor Europe dan Crescent Yamaha, kandang Pata Yamaha dengan tim Brixx WorldSBK juga membenamkan setelan balap, sehingga Yamaha R1 edisi spesial ini lebih bertenaga.

Setelan motor dibuat oleh Crescent Racing Pro Shop, tim yang sudah menjalankan proyek resmi Yamaha di WSBK selama 6 tahun terakhir. Replika motor R1 dari Toprak ini naik 20 tenaga kuda dari versi standar, atau tepatnya mesin ini bisa menghasilkan 205 tenaga kuda.

Yamaha R1 edisi Toprak RazgatliogluYamaha R1 edisi Toprak Razgatlioglu Foto: Yamaha Racing

Performa itu ditunjang dengan knalpot WSBK spek lansiran Akrapovic. Sedangkan Electronic Control Unit (ECU)-nya menggunakan GYTR (Genuine Yamaha Technology Racing) edisi terbaru.

Menariknya, bobot dari Yamaha R1 ini bahkan lebih ringan 26 kg dari versi standar. Siap diajak di track balap, Yamaha R1 ini bobotnya di bawah 175 kg.

Beberapa part lain yang menonjol di antaranya, rem balap lansiran Brembo serta penggunaan velg Marchesini.

Yamaha R1 edisi Toprak RazgatliogluYamaha R1 edisi Toprak Razgatlioglu Foto: Yamaha Racing

Setiap 21 unit nantinya akan mendapat emblem dan tanda tangan teknisi sebagai identitas. Selain itu, akan ada juga sertifikat edisi terbatas yang dibumbuhi tanda tangan Toprak dan tim prinsipal Paul Denning. Bahkan mendapatkan perlengkapan balap yang digunakan Toprak saat berlaga di WSBK 2021.

Spesialnya lagi pemilik juga dapat keistimewaan di WSBK 2022, yakni maksimal dua orang masuk di Hospitality VIP, kunjungan ke pit box dan berkesempatan untuk ngobrol langsung dengan Toprak.

Yamaha R1 edisi Toprak ini dijual £33,000 + VAT atau sekitar Rp 631 jutaan. Wih, tertarik untuk memboyongnya detikers?



Simak Video "Kagumi Sirkuit Mandalika, Pembalap Ducati Berterima Kasih ke Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)