Aksi KSAD Jenderal Dudung Tunggangi Motor Listrik Pindad

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 05 Des 2021 17:03 WIB
KSAD Jenderal TNI Dudung Menunggangi Motor Listrik Buatan PIndad
KSAD Jenderal TNI Dudung Menunggangi Motor Listrik Buatan PIndad. Foto: Dok. Pindad.
Jakarta -

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman meninjau fasilitas produksi PT Pindad (Persero), kemarin. Dalam kesempatan itu, Jenderal Dudung diperlihatkan beragam kendaraan buatan Pindad.

Dalam siaran pers PT Pindad, KSAD dan rombongan melaksanakan plant tour meninjau fasilitas produksi dan melihat berbagai produk senjata dan kendaraan khusus buatan Pindad. Rombongan kemudian menyaksikan beragam kendaraan khusus meliputi Ranpur Badak, Komodo berbagai varian, Anoa berbagai varian, Maung dan prototipe motor listrik terbaru buatan Pindad.

Dalam kesempatan itu, KSAD Jenderal TNI Dudung juga menyempatkan diri menunggangi prototipe motor listrik Pindad. Prototipe motor listrik ini sebelumnya telah diperkenalkan di Mandalika bertepatan dengan gelaran World Superbike (SBK) Indonesia.

MotoEV disebut murni buatan Pindad. Motor listrik ini ke depannya diharapkan menjadi produk yang akan dipasarkan baik di pasar lokal maupun pasar global. Hal ini sesuai dengan rencana jangka panjang Pindad untuk menjadi salah satu dari 100 besar perusahaan pertahanan global di tahun 2024.

Keunggulan utama motor listrik ini adalah murni buatan Pindad hasil dari inovasi dan pengembangan dari anak bangsa dan memiliki TKDN (komponen lokal) yang tinggi.

MotoEV adalah motor listrik dengan kekuatan 5 kW. Motor ini dibekali baterai lithium dengan waktu charging sekitar 3-4 jam. Sekali cas penuh, motor menempuh jarak tempuh hingga 100 km.

MotoEV juga bisa diajak ngebut. Kecepatan maksimal motor listrik buatan Pindad ini bisa mencapai 120 km/jam.

Kepada KSAD Jenderal TNI Dudung, Pindad memamerkan berbagai jenis senjata seperti pistol Armo berbagai varian, G2 series (Combat, Elite, Premium), Mag 4, P3A, SPR berbagai varian, SS2 berbagai varian, SS3, SM berbagai varian Blackout, SS Amphibious, Dopper, Senapan Penembak Mahir.

KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman berharap Pindad dapat mendukung kebutuhan prajurit TNI AD. KSAD yang juga menjabat Komisaris Utama PT Pindad berharap Pindad dapat berkontribusi maksimal dalam mendukung prioritas TNI AD untuk memenuhi kebutuhan mendasar prajurit terutama persenjataan dan perlengkapannya dengan kualitas dan performa terbaik.

"Harapan saya nanti Pindad berperan aktif dalam membantu, mana yang bisa dikerjakan oleh PT Pindad, produk dalam negeri apa nanti yang bisa dilakukan termasuk Kendaraan Khusus. Saya berharap Pindad berkontribusi maksimal untuk mendukung kebutuhan prajurit terutama dalam persenjataan dan perlengkapannya," kata Dudung.



Simak Video "KSAD Jenderal Dudung Minta Prajurit TNI Rangkul KKB Papua"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/mhg)