IAM x IIMS Motobike Show 2021

Moge Paling Murah Triumph Datang ke Indonesia, Harga Setara Avanza Baru

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 28 Nov 2021 07:05 WIB
Trident 660
Trident 660 Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

PT Garda Andalan Selaras (GAS) resmi meluncurkan motor Triumph paling murah, Trident. Moge asal Inggris ini dibanderol mulai harga Rp 280 juta off the road.

Triumph Trident dibawa dalam ajang IAM x IIMS Motobike Show 2021. Jika dilirik dari varian moge yang dijual Triumph, motor roadster sport tanpa fairing ini jadi yang termurah dijual Triumph. Tapi harganya setara dengan Low MPV di Indonesia, seperti Toyota Avanza.

"Harganya Rp 280 Juta off The Road. Jadi kita bawa sekalian buat cek pasar juga, animo masyarakat di sini bagaimana. Kalau rilis rencana tahun depan, rencana kita masih bulan Januari-Februari," kata Sales Distribution & Marketing GAS Triumph Indonesia, Sapta Hariaji saat ditemui di area IAM x IIMS Motobike Expo 2021 di Senayan Park, Jakarta Pusat, Sabtu (27/11/2021).

Sapta mengatakan kendati belum dirilis secara resmi, dua unit model sudah jadi pesanan konsumen Indonesia.

"Kita bawa masih tiga unit. Tapi yang dua unit sudah punya orang lain," kata Sapta.

Motor terbaru asal pabrikan asal Inggris ini punya desain gahar dan klasik khas ala Triumph. Pada bagian lampu misalnya, masih menggunakan lampu berbentuk bulat dengan pencahayaan LED, yang menguatkan kesan retro-modern.

Tangki bahan bakar melengkung dengan lekukan lutut, gril radiator menonjol, sadel step-up pendek, dan knalpot underbelly membuat motor ini tampak agresif dan modern.

Selain tampilan sasis dan mesin yang terekspos keluar, Trident diharapkan bisa memenuhi keinginan pengendara yang ingin memiliki motor yang lincah dan torsi gede di putaran bawah.

Trident 660 dicangkok mesin 3-silinder berkapasitas 660 cc. Di atas kertas, moge kelas menengah ini bisa menghasilkan tenaga maksimum hingga 81 tenaga kuda pada 10.250 rpm dan torsi maksimum mencapai 64 Nm pada 6.250 rpm.

Mesin ini dikembangkan secara khusus untuk Trident 660. Tenaga itu disalurkan melalu transmisi manual 6-percepatan, yang sudah memiliki fitur slip-and-assist clutch dan bi-directional quick shifter.

Punya tenaga besar Triumph dibekali pengereman kaliper depan Nissin piston ganda dengan rem cakram 310 mm kembar dan kaliper Nissin piston tunggal dengan rem cakram 255 mm dengan ABS saluran ganda.

Dari sektor kaki-kaki, Trident menggunakan pelek lima palang. Sedangkan urusan sokbreker, bagian depan upside down keluaran Showa dengan travel roda depan 120 mm. Sementara suspensi belakang, menggunakan monoshock yang preload-nya bisa diatur.

Secara dimensi Trident 660 memiliki ukuran panjang 2020 mm, lebar 795 mm, tinggi 1089 mm, dan tinggi jok 805 mm. Trident juga menawarkan posisi tubuh pengendara yang tegak. Untuk bobotnya, motor ini memiliki bobot basah 189 kilogram.

Sedangkan untuk fitur keamanan, Trident 660 sudah menggunakan sistem pengereman ABS sebagai pelengkapan standar. Tak hanya itu, motor ini juga dilengkapi dengan dua mode berkendara - Road and Rain -, dan puntiran gas tanpa kabel alias ride-by-wire throttle.

"Spesifikasi yang dipasarkan di Indonesia sama dengan global," terang Sapta.



Simak Video "Moge Paling Murah Triumph Trident 660 Hadir di Indonesia, Ini Wujudnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)