Yamaha TMAX 2022 Meluncur, Desain Semakin Agresif dan Sporty

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 20 Nov 2021 12:39 WIB
Jakarta -

Yamaha secara resmi merilis TMAX 2022 dan TMAX Tech Max untuk pasar Eropa. Tetap mengusung konsep maxi skuter, TMAX terbaru mengalami perubahan desain radikal, yang membuatnya terlihat semakin gagah dengan sejumlah pembaruan.

Dikutip dari Ride Apart, Yamaha membawa banyak perubahan terutama pada desain TMAX 2022. Mulai dari rangka alumunium hingga fascia yang kini diperbarui agar tampilannya semakin kompak.

Yamaha kini mengusung TMAX 2022 dengan desain lebih gahar. Hal ini terlihat dari rangka body yang mengusung bahan aluminium, sehingga semakin kokoh dan siap dipacu dalam kecepatan penuh di jalan raya.

Yamaha Eropa memberikan perubahan besar pada TMAX dibanding dengan XMAX dan XMAX yang cuma dapat upgrade pilihan warna untuk tahun 2022.

Kini, lampu LED pada Yamaha TMAX 2022 dibuat lebih ramping agar terlihat sporty dan elegan. Terdapat juga dua saluran udara yang terletak di bawah kedua lampu depan untuk mengurangi tekanan angin saat melaju dalam kecepatan tinggi.

Jika dilihat, memang desain Yamaha TMAX lebih mirip sebagai motor gede (moge) ketimbang sebuah skuter matic dan rasanya akan sulit dikendarai. Namun, pabrikan asal Jepang tersebut tetap memerhatikan kenyamanan pengendara saat di jalan.

Yamaha TMAX terbaru mendapat perubahan pada posisi duduk yang sedikit lebih maju. Hal ini membuat pengendara memiliki posisi lebih ergonomis dan tetap nyaman saat motor dibawa dalam kecepatan tinggi atau menikung.

Semakin menambah ergonomis, Yamaha TMAX mengubah tampilan windshield menjadi lebih tegak. Bagian tengah sepeda motor juga sedikit lebih ramping, ini dilakukan untuk memberikan ruang kaki yang lebih luas bagi pengendara.

Yamaha TMAX 2022Yamaha TMAX 2022 Foto: Yamaha-motor.eu

Pada bagian belakang atau kursi penumpang juga diperbarui oleh Yamaha. Kini, TMAX terbaru sudah dilengkapi dengan pegangan tangan yang terletak di sisi samping.

Sementara di bagian suspensinya, Yamaha TMAX mengusung 41 mm dengan suspensi belakang monoshock horizontal tipe linkage. Lalu velg yang digunakan adalah Spin Forged 10-spoke, Yamaha mengklaim jika TMAX 2022 lebih ringan serta handling-nya semakin baik dan stabil berkat teknologi SpinForging tersebut.

Yamaha TMAX 2022 disematkan ban Bridgestone Battlax SC2 yang telah mendapat pembaruan. Bahkan ban terbaru ini sengaja dibuat khusus untuk TMAX 2022.

Yamaha TMAX 2022Yamaha TMAX 2022 Foto: Yamaha-motor.eu

Soal performanya, mesin Yamaha TMAX 2022 tidak mendapat perubahan. Masih menggunakan parallel twin berkapasitas 560 cc Euro 5 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 47 hp dan torsi 55,7 Nm.

Baik TMAX maupun TMAX Tech Max 2022 juga dilengkapi dengan segudang teknologi dan fitur canggih. Seperti hadirnya panel instrumen dengan model TFT berukuran 7 inci yang bisa terkoneksi dengan smartphone, serta koneksi GPS Garmin via Bluetooth, WiFi, dan USB.

Fitur lainnya seperti windscreen yang bisa diatur secara otomatis, cruise control, kontrol lampu latar, hingga suspensi belakang yang bisa disesuaikan. Hal ini membuat sensasi berkendara lebih nyaman apalagi untuk bepergian ke luar kota.

Yamaha TMAX 2022Yamaha TMAX 2022 Foto: Yamaha-motor.eu

Yamaha TMAX 2022 hadir dengan tiga pilihan warna yaitu Extreme Yellow, Icon Blue, dan Sword Grey. Khusus warna Extreme Yellow diadaptasi dari TMAX generasi pertama yang diluncurkan 20 tahun lalu. Sementara tipe TMAX Tech Max 2022 hadir dalam dua pilihan warna saja, yaitu Dark Petrol dan Power Grey.

Mengenai harganya, Yamaha belum mengungkapkan secara resmi ke publik. Namun diprediksi, TMAX 2022 bakal meluncur mulai Maret 2022 mendatang di Eropa terlebih dahulu.

(din/din)