Spesifikasi Motor Listrik Garapan Eks Insinyur Tesla Asal RI, Harga Lebih Murah dari BeAT

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 15 Nov 2021 11:21 WIB
Jakarta -

Atom Alpha jadi produk motor listrik pertama yang diluncurkan merek Quest Motors. Kendaraan roda dua ini menyasar segmen penghobi sebagai gaya hidup dengan beberapa fitur yang sudah terbenam pada Tesla.

Quest Motors merilis Atom Alpha, motor listrik untuk lifestyle atau penghobi ini dibanderol lebih murah dari Honda BeAT. Atom Alpha dibuat di Bandung, Jawa Barat. Nah, seperti apa spesifikasinya?

Founder Quest Motors, Niko Questera merupakan eks Insinyur di Tesla Motors serta American Honda Motor di Amerika Serikat. Atom Alpha merupakan sepeda motor pertama buatan Quest Motors dengan balutan beragam fitur canggih seperti di Tesla, namun harganya dijual lebih murah dari Honda BeAT.

"Kita harus lebih murah dari motor paling laku di Indonesia yaitu Honda BeAT. Bagaimanapun caranya ini tidak boleh di atas Rp 17 juta," kata Niko saat ditemui di GIIAS 2021, Minggu (14/11/2021).

Secara desain Atom Alpha terbilang simple dan compact. Tidak banyak buritan seperti motor pada umumnya. 'Tulang' dari Atom Alpha dibiarkan telanjang, pun demikian pada bagian setang kemudi.

Niko mengatakan dimensi Atom Alpha juga dibuat mungil seperti dari Honda Monkey, bahkan dikatakan lebih kecil sehingga memudahkan pemiliknya untuk memasukkannya ke dalam transportasi seperti mobil.

Tak perlu dilipat tetapi motor tetap mudah untuk diangkut ke dalam mobil. Secara dimensi Atom Alpha memiliki ukuran panjang 1.300 mm x lebar 690 mm x tinggi 1.030 mm.

Founder Quest Motors, Niko Questera merupakan eks Insinyur di Tesla Motors serta American Honda Motor di Amerika Serikat. Atom Alpha merupakan sepeda motor pertama buatan Quest Motors dengan balutan beragam fitur canggih seperti di Tesla, namun harganya dijual lebih murah dari Honda BeAT.

Beberapa fitur unggulan dari Atom Alpha ini di antaranya Battery Management System, konektivitas Quest Apps, Keyless Feature menggunakan kartu, Remote Health Check, Live Location Tracking, dan Realtime Notification of Vehicle Status.

Sumber penggerak Atom Alpha adalah motor type hub dengan tenaga rated 1 kW. Motor type hub ini sekaligus menjadi velg belakang ini juga menjadi tempat rem tromol. Sementara pada bagian depan terdapat rem cakram dengan ban 10 inci.

Quest Motors merilis motor listrik pertama Atom Alpha di GIIAS 2021.Founder Quest Motors, Eks Insinyur Tesla, Niko Foto: Ridwan Arifin

Baterai Atom Alpha menggunakan jenis lithium cells berbentuk silinder tipe 21700. Pembuatan battery pack dilakukan secara in house oleh tim Quest Motors di Bandung. Baterai motor diintegrasikan dengan Battery Management System (BMS) yang didesain khusus untuk Atom Alpha. Melalui BMS khusus ini bisa memantau konsumsi listrik, sehingga membuat baterai lebih aman.

Sistem kendaraan listrik Quest Motors ini juga didukung dengan firmware yang dibuat oleh engineer in house pada controller untuk menghasilkan profil akselerasi yang optimal dan efisien. Ditambah dengan koneksi dengan server Quest Motors yang juga disebut sistem Internet Over Things (IoT) serta koneksi Bluetooth ke aplikasi QUEST App.

Pada aplikasi QUEST App yang akan dirilis dalam waktu dekat ini, pemilik motor bisa dengan mudah mengecek statistik motor serta melakukan diagnosa alias virtual workshop. Pemilik juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk melacak posisi motor mereka, ke depan dapat memberikan lokasi charging terdekat serta rekomendasi tempat untuk bersantai seperti kafe dan tempat berbelanja.

Quest Motors juga tengah mengembangkan fitur Over The Air (OTA) update sehingga software kendaraan bisa dilakukan secara otomatis. Dengan adanya fitur update ini juga menjamin bahwa kendaraan yang digunakan customer akan selalu mendapatkan fitur terbaru serta penyempurnaan teknologi.

Ada tiga jenis varian dari Atom Alpha, perbedaan terletak dari jarak tempuh maksimal kendaraan.

Pertama, Atom Alpha LITE untuk penggunaan jarak dekat dengan ukuran baterai 240 Wh yang memiliki jarak hingga 8 km. Model ini dilengkapi dengan charger berdaya 110 W yang mampu mengisi baterai motor dari kosong hingga penuh dalam waktu kurang lebih 2 jam.

Quest Motors merilis motor listrik pertama Atom Alpha di GIIAS 2021.Hub Atom Alpha di GIIAS 2021 Foto: Ridwan Arifin
Quest Motors merilis motor listrik pertama Atom Alpha di GIIAS 2021. Foto: Ridwan Arifin

Selanjutnya terdapat model PLAY dengan baterai yang lebih besar yaitu 480 Wh sehingga memiliki jarak tempuh yang lebih jauh yaitu 16 km. Varian ini juga mendapatkan charger yang lebih besar yaitu 220 W sehingga charging hanya membutuhkan waktu 2,5 jam.

Terakhir terdapat PRO dengan pilihan baterai terbesar yaitu 720 Wh dengan jarak tempuh maksimal 24 km. Mengusung ukuran charger yang sama dengan tipe PLAY, model ini mampu mengisi baterai dari kosong hingga penuh dalam waktu 3,5 jam.

Atom Alpha sudah bisa dipesan dari sekarang dengan harga mulai dari Rp 12,9 juta untuk versi LITE, Rp 14,9 juta untuk PLAY dan terakhir Rp 16,9 juta untuk PRO. Harga ini sudah termasuk garansi frame selama 3 tahun serta elektronik selama 1 tahun.

Berikut ini spesifikasi umum dari Atom Alpha:

  • Dimensi Atom Alpha: Panjang 1.300 mm x Lebar 690 mm x Tinggi 1.030 mm.
  • Daya Tempuh Atom Alpha: Lite (8 km), Play (16 km), Pro (24 km)
  • Kecepatan Maks: up to 50 km/jam
  • Charging Time: Lite (2,5 jam), Play (2,5 jam), Pro (3,5 jam)
  • Baterry: Lite (21.700 Li 240 Wh), Play (21700 Li 480 Wh), Pro (21700 Li 720 Wh)
  • Bobot: Lite (34 kg), Play (36 kg), Pro (38 kg)
  • Lock System: NFC Tap Card
  • Rem Depan: Disc Brake
  • Rem Belakang: Drum Brake
  • Wheel Size: 890 mm
  • Ground Clearance: 109 mm
  • Ukuran Ban: 3.00 x 10 inch
  • Motor: BLDC 1kW Type Hub
  • Controller: BLDC Motor Controller
  • Connectivity: Bluetooth/WIFI/ Quest App
  • Fitur: Keyless, Remote Health Check (coming soon), Live Location Tracking, Realtime Notification of Vehicle Status
(riar/lua)