IMI & The Broto'S Bakal Gelar Lomba Balap-Modifikasi Vespa Tahun Depan

Inkana Izatifiqa R Putri - detikOto
Selasa, 26 Okt 2021 11:47 WIB
MPR
Foto: Dok. MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan IMI akan menggelar Kejuaraan Nasional Lomba Balap Vespa pada Januari 2022. Adapun kejuaran ini akan digelar bersama komunitas vespa The Broto'S di Sirkuit Internasional Sentul, Kabupaten Bogor.

Bamsoet menyampaikan acara ini digelar melihat tingginya antusiasme masyarakat terhadap vespa di Indonesia. Ia menyebut event ini akan menjadi menarik karena baru pertama kali diselenggarakan.

"Sejak masuk ke Indonesia pada tahun 50-an, jumlah penggemar Vespa di Indonesia hingga kini terus meningkat. Bahkan pada tahun 2020, tercatat sudah mencapai 40 ribu. Berdasarkan laporan PT Piaggio Indonesia (PID) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Vespa di Indonesia, komunitas penggemar Vespa di Indonesia merupakan terbesar kedua di dunia, setelah Italia yang menjadi negara asal Vespa," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Selasa (26/10/2021).

Usai menerima pendiri komunitas Vespa The Broto'S pada Senin (25/10), Bamsoet menjelaskan bersama The Broto'S, IMI juga akan menyelenggarakan touring Vespa Trans Sulawesi dengan jarak 4 ribu km. Melalui kegiatan ini, komunitas pecinta Vespa akan mengeksplorasi sekaligus mempromosikan keindahan pariwisata Sulawesi.

"Kita harapkan kegiatan yang dilakukan IMI bersama The Broto'S akan semakin menggairahkan olahraga otomotif Tanah Air. Terlebih, sejak pandemi COVID-19 nyaris tidak banyak kegiatan balap yang bisa diselenggarakan," jelasnya.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini pun mengatakan pada Maret 2022, IMI dan The Broto'S juga akan menghadirkan lomba kecantikan Vespa. Hal ini bertujuan untuk menyemarakan industri modifikasi otomotif yang sedang bergairah di Indonesia.

Bamsoet berharap kegiatan ini nantinya juga dapat sekaligus menggerakkan pelaku usaha UMKM sebagai penyedia berbagai kebutuhan modifikasi Vespa.

"Dari mulai restorasi hingga modifikasi Vespa, akan disajikan dalam kontes kecantikan Vespa. Misalnya menampilkan Vespa keluaran tahun 50'an, 60'an, hingga Vespa modern keluaran tahun 2000-an. Berbagai rangkaian acara Vespa tersebut akan sangat menarik, bukan hanya bagi para pecinta Vespa melainkan juga bagi kemajuan industri modifikasi otomotif di tanah air," pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam pertemuan tersebut turut hadir Pendiri The Broto'S, Muhammad Ali Reza. Hadir pula antara lain mantan Anggota DPD RI Bambang Soeroso dan Puteri Siti Hardijanti Rukmana, Danty Rukmana.



Simak Video "Laku Rp 1,350 Miliar, Ini Wujud Vespa 946 Christian Dior"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/din)