Keren! Motor Listrik Universitas Budi Luhur Sudah Diuji Jakarta-Mandalika

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 12 Okt 2021 14:12 WIB
Motor listrik Universitas Budi Luhur Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01).
Motor listrik Budi Luhur Foto: dok. Universitas Budi Luhur
Jakarta -

Kata siapa motor listrik tidak asyik digunakan jalan jauh, jika ada yang berpikiran demikian lebih baik berpikir ulang deh. Karena bisa dipastikan pernyataan tersebut sudah dipatahkan para mahasiswa Universitas Budi Luhur.

Dalam siaran resmi yang diterima detikOto, Universitas Budi Luhur sukses melakukan uji coba test ride motor listrik Budi Luhur yang disapa Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) dengan rute Jakarta-Mandalika.

Dijelaskan pengujian ini mendapatkan banyak informasi serta data baru. Seluruh informasi, data, serta pengalaman yang didapatkan ini membuat Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur semakin siap untuk mengembangkan kendaraan listrik lainnya di masa depan.

"Perjalanan touring Jakarta - Mandalika kali ini bukan hanya sekadar ajang pembuktian bagi BL-SEV01 sebagai sebuah kendaraan listrik buatan dalam negeri yang tangguh, bertenaga, serta bisa digunakan di jalan raya dengan baik. Akan tetapi, kami juga membutuhkan data-data, informasi, serta pengalaman yang benar-benar bisa didapatkan dari lapangan secara langsung," ujar Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono S.T., M.T.

Motor listrik Universitas Budi Luhur Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01).Motor listrik Universitas Budi Luhur Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01). Foto: dok. Universitas Budi Luhur

"Seluruh kejadian dan masukan yang ada selama perjalanan kami kumpulkan dan akan kami olah lebih jauh lagi, sehingga diharapkan kami bisa menghadirkan kendaraan listrik lainnya yang lebih tangguh, bertenaga, dan memiliki daya tahan lebih baik dari kendaraan-kendaraan yang sudah kami kembangkan selama ini," Sujono menambahkan.

Soal spesifikasi, motor listrik Budi Luhur BL-SEV01 yang digunakan touring Jakarta - Mandalika ini dilengkapi dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga maksimal mencapai 16 kW, didukung baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Catatan resmi pihak Universitas Budi Luhur menunjukkan BL-SEV01 bisa melaju hingga 140 kilometer untuk sekali pengisian baterai dengan waktu pengisian 4 jam. Tercatat perjalanan yang ditempuh mencapai 1.340 km.

Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro MBA., tidak lupa mengucapkan syukur atas seluruh keberhasilan dosen dan mahasiswa dalam mengembangkan BL-SEV01 hingga mencapai tingkat sekarang.

"Saya ucapkan selamat atas pencapaian yang sudah ada hingga saat ini bersama BL-SEV01. Tentu saja pencapaian ini tidak akan membuat kami, seluruh civitas Universitas Budi Luhur, berdiam diri dan siap untuk mengembangkan teknologi kendaraan listrik yang lebih baik lagi dari segala aspek. Dukungan akan terus kami berikan kepada pihak-pihak yang siap untuk menghadirkan riset-riset ilmiah dan bisa bermanfaat bagi masyarakat, nusa, dan bangsa," ujar Kasih.

Motor listrik Universitas Budi Luhur Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01).Motor listrik Universitas Budi Luhur Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01). Foto: dok. Universitas Budi Luhur

"BL-SEV01 menjadi bukti nyata bagaimana Civitas Akademis Universitas Budi Luhur mampu menghadirkan sebuah teknologi tingkat tinggi dan sudah teruji dengan baik di berbagai kondisi lapangan. Ini menunjukan bagaimana perkembangan Universitas Budi Luhur sudah berada di jalur yang benar sebagai universitas berwawasan global berbasis kewirausahaan, teknologi dan cerdas, serta berbudi luhur," tambah Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M.



Simak Video "Motor Listrik Lokal Bandung Melantai di GIIAS 2021, Dijual Rp 16 Jutaan!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)